HUT Kota Tangerang ke-28, 17 Warga Jatiuwung Ikuti Isbat Nikah Gratis

oleh -
Isbat Nikah

NASIONALNEWS.ID KOTA TANGERANG – Menyambut peringatan HUT Kota Tangerang ke 28 pada tanggal 28 Februari mendatang, Pemerintah Kota Tangerang menggelar sidang isbat nikah terpadu gratis bagi ratusan pasangan di Kota Tangerang secara virtual. Sebanyak 17 pasang warga Kecamatan Jatiuwung mengikuti isbat nikah gratis yang dilaksanakan di aula Kecamatan Jatiuwung.

“Hasil sosialisasi yang kita laksanakan, sebanyak 17 pasangan yang melangangsungkan isbat nikah yang kita gelar di aula,” kata Camat Jatiuwung, Agianto Martioso kepada Nasional News, Jumat (29/1/2021).

Isbat Nikah Terpadu

Camat Jatiuwung menerangkan, bahwa dalam acara tersebut menerapkan protokol kesehatan dan disediakan kursi pelaminan untuk dokumentasi pengantin.

“Karena ini masa pandemi Prokes tetap kita laksanakan, makanya pemkot melaksanakan kegiatannya terpisah, agar tidak terjadi kerumunan, kita sediakan juga Kursi pelaminan untuk prosesi foto-foto untuk kenangan mereka,” ujar Agianto.

Menurutnya, dengan dilaksanakan isabat nikah, para peserta mempunyai administrasi perkawinan yang diakui pemerintah, dengan harapan dapat membantu para peserta untuk mengurus segala urusan administrasi dan mendapat pengakuan secara sah dari pemerintah.

Isbat Nikah

“Isbat nikah merupakan pengesahan atas perkawinan yang telah dilangsungkan menurut syariat agama Islam, akan tetapi tidak dicatat oleh Kantor Urusan Agama atau Pegawai Pencatat Nikah yang berwenang. mereka kita berikan sejumlah dokumen, diantaranya keputusan penetapan isbat dari Pengadilan Agama, buku nikah, KTP dan KK,” tutupnya.

Sementara itu di tempat terpisah Walikota Tangerang, Arif R Wismansyah mengucapkan selamat pada peserta yang mengikuti prosesi isbat nikah yang berjumlah 174 orang se-Kota Tangerang.

Isbat Nikah Terpadu

“Selamat kepada seluruh pasangan yang hari ini resmi sebagai suami istri baik secara agama maupun negara,” ucap Wali Kota Tangerang saat mengunjungi acara isbat nikah yang digelar di ruang Al Amanah, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Jumat (29/1/2021).

Wali Kota mengungkapkan acara isbat nikah yang berlangsung secara virtual dan dilakukan serentak di 13 kecamatan se-Kota Tangerang tersebut merupakan kerjasama antara Pemkot Tangerang dengan Pengadilan Agama Kota Tangerang.

“Semoga bisa langgeng dan tetap rukun dalam membina rumah tangga,” pesannya kepada pasangan yang hadir.

Informasi tambahan, dalam isbat nikah yang berlangsung, Pemkot Tangerang juga memberikan KIA (Kartu Identitas Anak) bagi anak dari pasangan yang masih berusia di bawah 17 tahun. (Adv)