, , , , ,

Buka Turnamen Catur Beregu Indonesia Timur Gubernur Cup VII Provinsi Gorontalo, Menpora Ingin Lahir Atlet Putra-Putri Daerah

oleh -
rilis kemenpora 16.1 september 2022

NASIONAL, NASIONALNEWS.ID – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali membuka Turnamen Catur Beregu Indonesia Timur Gubernur Cup VIII, di Ballroom Hotel Aston Kota Gorontalo, Kamis (15/9) sore.

Turnamen ini diharapkan dapat melahirkan atlet-atlet catur nasional dan dunia, serta sebagai ajang persiapan Gorontalo menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur tahun depan.

“Ini menjadi bagian rangkaian kunjungan kerja saya di Gorontalo, mengawali membuka Turnamen Catur Beregu Indonesia Timur Gubernur Cup VIII,” kata Menpora Amali.

Dikatakan olehnya, bahwa meskipun catur belum menjadi cabor yang dipertandingkan di Olimpiade, namun prestasi catur membanggakan baik di singgel even maupun multi even regional.

“Catur memang tidak masuk di Olimpiade karena ada tersendiri di level dunia kejuaraannya. Namun ditingkat regional seperti SEA Games maupun singgel even selalu memperoleh medali, jadi membanggakan,” ucapnya.

“Seperti SEA Games Vietnam kemarin mendapatkan 3 medali emas, bahkan yang di NPC atlet catur tuna netra kemarin di even ASEAN Paragames menjadi juara umum,” tambahnya.

Keberhasilan cabang olahraga catur menorehkan prestasi tidak lepas dari pembinaan yang sungguh-sungguh dan rutinitas kompetisi.

“GM Utut bisa menjadi contoh bagaimana mengurus dengan baik dan serius sehingga melahirkan prestasi. Cabor yang diurus serius pasti berprestasi, sementara yang asal-asalan mengurusnya pasti tidak ada hasil,” tegas Menpora.

“Apresiasi kepada Percasi, KONI, dan Pak Gubernur Gorontalo yang menyelenggarakan turnamen ini. Prestasi akan diperoleh dari pembinaan dan kompetisi, tanpa kompetisi sulit mengukur keberhasilan, semoga dengan ini lahir atlet catur yang menjadi Master Nasional dan GM Internasional,” tutupnya.

Sementara dalam sambutannya, Pj Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer menuturkan bahwa semenjak menjabat banyak menggeliatkan olahraga karena itu menjadi salah satu upaya membangkitkan ekonomi.

“Terima kasih atas kehadiran dan kesediaan Pak Menteri membuka turnamen ini. Sebagaimana tugas yang diberikan kepada saya, saat menjabat ekonomi masih belum tampak menggeliat. Karena saya berasal dari Kemenpora maka kegiatan olahraga diaktifkan agar membangkitkan ekonomi, dan sekarang mulai tampak,” kata Pj Gubernur Hamka.

“Mohon doa restu, disini akan segera dibangun Sekolah Catur guna melahirkan pecatur-pecatur handal, dan persiapan insyaallah tahun 2023 menjadi tuan rumah Kejurnas,” tambahnya.

Turnamen kali ini, diikuti 62 regu yang dihelat dari tanggal 15 hingga 20 mendatang. Selain turnamen juga dilakukan Penataran Wasit dan Upgrading Wasit Tingkat Nasional.(red)

No More Posts Available.

No more pages to load.