Camat Hadiri Pembentukan Satgas PPKM di Desa Kalikidang

oleh -
img 20210407 wa0132

NASIONALNEWS.ID, BANYUMAS -Guna menindak lanjuti program dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Desa Kalikidang Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah membentuk Satgas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro tingkat Desa.

Dalam pembentukan Satgas PPKM tersebut, pemerintah desa mengundang para ketua RT, ketua RW dan unsur pimpinan BPD desa serta mitra desa lainya di aula balai Desa Kalikidang, Rabu (7/4/2021).

Dalam sambutanya kepala Desa Kalikidang Sarjono menyampaikan, pembentukan Satgas PPKM untuk mempermudah menginventarisir wilayahnya dalam melakukan penanganan bencana covid-19

“Jika ada warganya yang terkonfirmasi Covid-19 maka ketua RT di wilayah tersebut segera melakukan tindakan pelaporan kepada Satgas Desa, lalu pemerintah desa memberikan keuangan untuk melaksanakan kegiatan tersebut di wilayahnya, karena Desa sudah mengalokasikan anggaran PPKM,” kata Sarjono.

Sarjono juga menjelaskan, terkait vaksinasi lansia, dirinya mendapatkan laporan banyak lansia yang belum bersedia di vaksin.

“Seperti kemarin saya mendapatkan laporan dari petugas pendataan Comorbid, petugas melaporkan kalau di Desa Kalkidang belum mendapatkan lansia yang bersedia untuk di vaksin, nah ini perlu sekali nanti team Gugus Tugas PPKM untuk giat memberikan edukasi kepada masyarakat golongan lansia,” kata Jono.

img 20210408 wa0001

Sementara Camat Sokaraja Lukman Nazarudin menyampaikan, pembentukan tim gugus tugas atau kelompok kerja PPKM Mikro agar bekerja dengan baik.

“Saya mohon setelah di bentuk Pokja PPKM Mikro di Desa Kalikidang, gugus tugas menjalankan tugasnya dengan baik yang mana saat ini pemerintah memberikan
perhatian khusus kepada masyarakat golongan Lansia untuk di vaksin, setelah instansi pelayanan publik. Pemerintah sudah memeberikan anggaran yang besar untuk hal penanganan bencana ini, salah satunya adalah vaksinasi,” ungkap Camat Lukman Nazarudin

Lukman juga mengingatkan, agar program pemerintah dalam menangani Covid-19 tidak gagal, menjelang ramadhan dan hari raya, masyarakat mengurangi silahturahmi ke lansia.

“Sebentar lagi akan menyambut Bulan ramadhan, lalu lebaran yang mana ada tradisi kita bersilahturami, bisa gagal pemerintah dalam menurunkan penularan Covid-19 ini karena lansia adalah orang yang rentan,” imbuhnya

Lukman juga meminta kepada ketua RT agar memberikan edukasi kepada warganya terutama yang lansia agar mau divaksin.

“Entah kenapa para lansia enggan yang menjadi target prioritas, bukan cuma di Desa Kalikidang saja di desa-desa lain juga seperti itu, untuk itu saya pesan kepada para ketua RT, untuk memberikan bimbingan kepada lansia di sekitar, kemudian lanjut terkait Indek Desa Membangun (IDM), Tolong nanti para ketua RT data dengan wilayahnya masing-masing dengan sejujurnya,
karena pada tahun berikut dana desa akan bersumber dari data indeks ini menentukan kondisi desa tersebut, apakah desa tersebut masuk desa tertinggal atau desa berkembang dengan kondisi yang reel,” jelas Camat.

Sementara Jono sebagai pendamping Desa memperjelas kepada para undangan, bagaimana teknis pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) berbasis SDGS Desa Tahun 2021
yaitu Pembangunan berkelanjutan. para ketua Ketua berperan penting di lingkungan masing-masing secara riil di bantu petugas dalam pengungghan ke aplikasi nantinya.

Imam Suratno