Kali PHB Kosambi Jadi Area Bermain Anak

oleh -

NASIONALNEWS.ID, JAKARTA – Kali penghubung (PHB) antar Kelurahan Semanan dan Kelurahan Duri Kosambi yang dulunya tidak terawat sekarang bersih dan dijadikan area bermain anak-anak.

Pantauan media di lokasi Kali PHB tersebut benar-benar bersih, namun sayang turap kali sudah mulai ambrol. Tapi berkat kinerja Penyedia Jasa Lainnya Perorangan (PJLP) UPK badan air Kalideres semua bisa tertutupi dengan tanaman ubi jalar.

Agus salah satu ketua regu PHB Kosambi UPK badan air Kecamatan Kalideres mengatakan, dirinya mulai ditempatkan di kali PHB Kosambi dari bulan Maret. Melihat kali tampak tak terawat karena banyak rumput liar dan pohon pohon pisang.

“Dulu kali ini tidak terawat, banyak rumput liar dan pohon pisang,” kata Agus saat ditemui nasionalnews.id di lokasi, Senin (16/12/2019) sore.

Agus juga menjelaskan, dalam satu regu ada delapan orang pekerja di kali PHB Kosambi, di bagi dua kelompok, dan ada 4 titik yang perlu pengawasan dan perawatan dari tim tersebut.

“Kita bagi dua regu dalam perawatan kali PHB, dan setiap tiga orang harus menghasilkan sampah sebanyak satu kubik dalam satu hari,” ucapnya.

Agus juga menjelaskan, dirinya mengerjakan dan membersihkan kali PHB sesuai perintah dari Dinas, seperti harus menghasilkan sampah sebanyak satu kubik per tiga orang.

“Walaupun sekarang sudah kali PHB Kosambi sudah bersih tidak ada sampah, kita tetap melakukan penanaman penanaman yang mempunyai nilai ekonomis, seperti ubi jalar, agar bibir kali terlihat enak di pandang,” ucapnya.

Dirinya berharap dengan bersihnya kali PHB Kosambi anak-anak diwilayahnya bisa bermain seperti jaman dulu.

“Kita ingin kali PHB Kosambi bisa menjadi sarana main anak-anak, karena diwilayah kita sudah jarang lahan kosong dan indah pemandanganya,” pungkasnya. (BB)