Terminal Kalideres Bikin 144 Resapan Biopori

oleh -386 views

NASIONALNEWS.ID, JAKARTA – Untuk mengantisipasi musim penghujan agar air tidak terbuang sia-sia Terminal bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kalideres membuat 144 Resapan biopori di area terminal.

Di samping membuat resapan biopori Terminal Kalideres juga membuat serapan vertikal yang berukuran 2 x 2 meter dengan kedalaman 1 meter sebanyak 2 tampungan.

Kepala Terminal Revi Zulkarnaen mengatakan sebelumnya pihaknya sudah membuat biopori dari bulan Januari sebanyak 19 titik, dengan kedalam 1 meter dengan panjang paralon 70 cm.

“Sengaja kita buat kedalaman 1 meter dengan paralon panjang 70 cm agar pipa paralon tidak buntuh dengan tanah,” ucap Revi Senin (9/9/2019).

Revi menjelaskan, sesuai instruksi dari gubernur untuk membuat resapan biopori dengan target 100 titik, namun terminal Kalideres justru membuat 144 titik resapan.

“Kita buat resapan biopori bukan hanya di taman, melainkan di lokasi yang dimana air hanya mengalir langsung ke saluran irigasi, seperti di jalanan yang sudah dicor dan yang sudah diaspal dan Kita mempunyai target 10 titik sumur vertikal,” jelasnya.

Revi berharap dengan adanya sumur resapan biopori dan vertikal wilayah Terminal Kalideres dan sekitarnya tidak lagi kekurangan air. (BB)