Dandim 0409/Rejang Lebong Tinjau Lokasi Banjir Sungai Kotok

oleh -
oleh
img 20230329 wa0013

NASIONALNEWS.ID, REJANG LEBONG – Dandim 0409/Rejang Lebong, Letkol Inf Renady didampingi Danramil Lebong Utara, Kapten Cba Arif Parwoko meninjau langsung lokasi Banjir di Desa Pyang Embik, Kecamatan Amen, Kabupaten Lebong, Selasa (28/03/2023).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Camat Amen Reno, Kepala BPBD lebong bapak Tantomi, Plh Kades Pyam Embik bapak Jaya dan Babinsa Desa Pyang Embik.
Dandim 0409/RL, Letkol Inf Renady mengatakan kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat yang terdampak bencana banjir.

“Kita Selaku Satuan Teritorial akan berusaha dengan maksimal bersama unsur terkait dalam berupaya mengatasi kesulitan warga akibat bencana alam ini,”kata Dandim.

“Saya dengan di dampingi oleh Kepala BPBD, Camat dan Kepala Desa, kami ingin melihat secara langsung bagaimana kondisi masyarakat yang terdampak banjir,” terangnya.

Letkol Inf Renady juga mengungkapkan bahwa, pihaknya siap membantu masyarakat kapanpun serta dalam kondisi apapun. Untuk sementara ini Kodim 0409/RL siap membantu masyarakat Desa Pyang Embik yang berdekatan rumahnya dengan sungai air kotok untuk mengevakuasi warga.

“Kami akan terus berupaya berkoordinasi dan bekerjasama dengan instansi terkait untuk menanggulangi musibah banjir yang dialami masyarakat di wilayah Teritorial Kodim 0409/RL,” ujarnya.

Sementara, Kepala BPBD Tantomi, Sp., menghimbau masyarakat untuk mewaspadai terjadinya bencana alam Ketika terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

“Kami meminta masyarakat untuk segera menghubungi pihak BPBD atau Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Hal itu sebagai upaya preventif kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan yang dapat terjadi,” ujarnya.

“Melihat letak geografis Kabupaten Lebong yang terdiri dari, dataran, lereng dan pegunungan serta dikelilingi sungai tentu saja menjadi sangat dominan terjadi bencana. Dua bencana yang harus kita sikapi dan siap siaga yaitu banjir dan longsor,” jelasnya.

Camat Amen Reno menuturkan, meminta semua pihak dan masyarakat untuk saling bahu membahu mengantisipasi bencana sedini mungkin, serta berupaya untuk melakukan tindakan preventif kesiapsiagaan darurat bencana dengan menghubungi BPBD melalui pemerintah desa, kecamatan, Babinsa serta Bhabinkamtibmas, sehingga upaya-upaya penanganan dapat segera dilakukan.

“Selanjutnya, dalam menghadapi musim penghujan agar hal-hal yang tidak diinginkan saya mengajak masyarakat untuk membersihkan sampah yang berserakan serta menggalakkan gerakan kebersihan dilingkungan sekitar agar saluran air tidak tersumbat,” ujar Camat Amen.

Pada kesempatan tersebut, Dandim 0409/RL bersama rombongan meninjau ke lokasi Sungai Air Kotok serta meninjau rumah warga yang terdampak banjir di dekat sungai air kotok. (*/Pendam II/Swj).

No More Posts Available.

No more pages to load.