Wabub Bogor Galakan Jumling, Serap Aspirasi Warga Tenjo

oleh -175 views

NASIONALNEWS.ID, BOGOR – Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor menggalakan program Jumat Keliling (Jumling) kesetiap kecamatan untuk menyerap aspirasi masyarakat dan membangun kedekatan antara ulama,umaro serta masyarakat.

Dalam kesempatan Jumling kali ini, Wakil Bupati Bogor,Iwan Setiawan melaksanakan Jumat Keliling yang berlokasi di Masjid Nurul Amal, Kp Batok RT 003/03 Desa Batok Kecamatan Tenjo, Jumat (22-11-2019).

Kedatangan Iwan Setiawan di kantor Kecamatan Tenjo disambut dengan tarian serta adat khas Tenjo dan disambut juga Camat Tenjo Asnan AP.Msi beserta Sekcam, Maman Sumantri serta Kapolsek Parung Panjang Kompol Drs.H.Nundum Radiaman, Danramil 2119/Parung Panjang Kap.Inf Agus Purnama Yusuf,Kades se kecamatan Tenjo,Ketua Karang Taruna Kecamatan Tenjo,Adhari beserta sekertarisnya,Rohyat, Kordapil Karang Taruna Bogor Barat, Medi Susanto, serta MUI dan masyarakat.

Wakil Bupati Bogor mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bogor ingin memastikan program pembangunan yang sedang dikerjakan benar-benar menyentuh lapisan masyarakat paling bawah, Itulah esensi dari Jumling yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor.

Saat ditanya soal kondisi kecamatan Tenjo yang selalu mengalami kekeringan dan susah air saat kemarau melanda Iwan Setiawan menjelaskan, bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor akan berusaha semaksimal mungkin dalam mengatasi krisis air di wilayah desa-desa yang ada di kecamatan Tenjo, diantaranya akan dibangun sumur Artesis mengingat karakter tanah di wilayah ini yang tidak berbukit atau datar. Program tersebut akan diluncurkan pada tahun 2020 agar krisis air di masyarakat Kecamatan Tenjo bisa segera diatasi.

Iwan Setiawan juga mengungkapkan, Persoalan UMKM yang ada di Kecamatan Tenjo akan terus dibina melalui Disperindag.Tenjo terkenal sebagai Kota Dodol dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor akan terus membina UKM dengan mengenalkan dodol Tenjo disetiap ajang pameran yang ada di Kabupaten Bogor.

Wabub menambahkan, setiap program yang direncanakan dimaksudkan sebesar-besarnya untuk kemaslahatan masyarakat Kabupaten Bogor. Dengan Jumling Pemerintah Kabupaten Bogor bisa langsung melihat lapisan masyarakat paling bawah tanpa batas dan tanpa sekat.Terbukti Wabub bisa melihat dan mendengar langsung aspirasi dan kebutuhan masyarakat Kecamatan Tenjo seperti perlunya dibangun Sub Terminal, Jalan Ke Pasar Rakyat, akses jalan dua desa bahkan program Rutilahu yang rencananya akan diusahakan untuk penambahan kuotanya.

Berkaitan Program Bantuan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor 1 Milyar persatu desa jelas tergantung dari desa tersebut, karena anggaran itu bersifat bantuan untuk belanja tidak langsung suatu desa yang tidak terkafer oleh Dana Desa (DD), semisal jalan desa yang urgent dan tidak terkafer oleh DD.

“Mudah-mudahan dengan Jumling ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat untuk terus membangun Tenjo lebih baik lagi dan Kabupaten Bogor yang gemilang dan membawa kesejahteraan bagi seluruh Masyarakat Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Sementara Camat Tenjo Asnan mengucapkqn terimakasih kepada seluruh masyarakat dan jamaah Masjid Nurul Amal yang telah berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan. Berkenaan dengan UMKM, Asnan telah menggaet Alfa Mart dan Indomart serta lainya untuk memasarkan produk yang dihasilkan oleh UKM.Pameran UKM juga sudah sering digelar, terbaru digelar Bazar UMKM dan IKM di Taman Astor.

Asnan berharap dengan adanya Jumling ada manfaat yang didapat, aspirasi masyarakat bisa langsung didengar oleh Pemerintah Kabupaten Bogor sehingga pembangunan diwilayah Kecamatan Tenjo ada percepatan.

“Percepatan baik itu bangunan infrastruktur ataupun pembangunan lainya yang lebih banyak lagi,” ucapnya.

Ahmad salah satu warga desa Batok mengatakan, kegembiraanya bisa kedatangan tamu seorang Pemimpin Daerah dari Bogor yang ingin bersilaturahmi dan melihat langsung kondisi masyarakat di Kecamatan Tenjo khususnya di Desa Batok.

“Saya doakan kepada pemimpin kami, Ibu Ade Yasin dan Iwan Setiawan selaku Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bogor serta Pak Asnan selaku Camat Tenjo dan seluruh pemimpin yang ada agar selalu diberi kesehatan serta terus membawa Bogor khusunya Kecamatan Tenjo lebih baik lagi dan menjadikan masyarakat lebih makmur dan sejahtera,” harapnya

(Yani)