Amanah Asri dan Tim Ditjen Bina Pemerintahan Desa Marathon ke Provinsi Sulawesi Utara

oleh -
img 20210327 190235
Untuk pelestarian Budaya Desa, Amanah Asri berkunjung ke home Industri pembuatan kostum adat Minahasa

NASIONALNEWS.ID, MANADO – Kepala Sub Direktorat Fasilitasi Penyusunan Produk Hukum Desa Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Amanah Asri, SE. M.Si beserta tim yaitu Isti Khoriana Karim, SE. MAP. dan Sri Wahyuni melaksanakan tugas kedinasan dalam rangka monitoring dan evaluasi penyuluhan dan penyusunan produk hukum desa dan melakukan kunjungan marathon ke kantor dinas pemberdayaan masyarakat desa, dan beberapa desa yang berada di Provinsi Sulawesi Utara, pada hari Jumat (26/03).

img 20210327 190259
Hj Amanah Asri SE.MSi, Kasubdit Fas Penyusunan Produk Desa Ditjen Bina Pemdes Kementerian Dalam Negeri bersama Edison Humiang MSi Asisten 1 Bidang Pemerintahan Provinsi Sulawesi Utara di ruang kerja Kantor Gubernur Sulut

Dalam kunjungan marathon kali ini, Amanah Asri, SE. MSi, beserta rombongan diterima langsung oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan Setda Prov. Sulut, Edison Humiang, didampingi Kepala Dinas PMD Prov. Sulut, Drs. Royke Mewon, MSi, di kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Utara.

Amanah Asri mengatakan, sejak diimplementasikannya Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Nomer 111 tahun 2014, tentang pedoman teknis peraturan di desa, menurut data yang ada pada kami, belum banyak desa yang menyusun peraturan desa berdasarkan berbagai tematik yang menjadi kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal berskala desa.

“Karena hal inilah yang membuat kami terjun langsung ke Kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Utara guna melakukan sosialisasi, monitoring, evaluasi dan mendapatkan informasi langsung dari para aparatur desa,” kata Amanah Asri.

“Produk hukum yang dibuat harus benar-benar dipahami oleh para aparatur desa, sehingga dalam mengelola, membina dan mengembangkan desa sejalan dengan aturannya,” tegasnya.

img 20210327 190319
Asisten 1 Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Sulawesi Utara Edison Humiang

Hal senada juga disampaikan oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan Setda Prov. Sulut, Edison Humiang, menyampaikan, Proses penyusunan peraturan desa sering kali menghadapi kendala, yaitu minimnya pengetahuan para aparatur desa tentang bagaimana cara penyusunan produk hukum desa yang merupakan legal standing bagi penyelenggaraan pemerintah desa, pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakatnya, kami berharap dengan adanya kunjungan dan sosialisasi Ibu Amanah Asri beserta tim dari Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, mampu memberikan ilmu dalam penyusunan produk hukum desa di Kabupaten yang berada di Provinsi Sulawesi Utara.

Dalam kunjungan kali ini, Amanah Asri beserta tim langsung meninjau beberapa desa yang berada di Kabupaten Minahasa untuk melihat dan mengetahui secara langsung kebutuhan daerah dalam melakukan fungsi pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan penyelenggaraan desa.

img 20210327 190332
Cangkir kopi dengan kearifan lokal terbuat dari tempurung atau batok kelapa

Selain itu, Rombongan dari Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri juga berkunjung ke beberapa destinasi wisata dan melihat secara langsung ragam kebudayaan yang dimiliki oleh Provinsi Sulawesi Utara, antara lain berkunjung ke Home Industri pembuatan kostum adat “Kabasaran” di Kecamatan Tondano, Kabupaten Minahasa Utara.

Sejak diberlakukannya Undang-Undang Nomer 6 tahun 2014 tentang Desa, telah memberikan nuansa berbeda pada penyelenggaraan Pemerintahan Desa di desa. Amanah Asri juga meminta masyarakat desa turut mendukung program tersebut, karena tanpa adanya peran lapisan masyarakat, kegiatan yang dilaksanakan oleh suatu pemerintahan tidak akan mampu berkembang pesat, apalagi tentang pembangunan dibidang pariwisata.

“Tempat wisata yang dibangun harus bersifat kondusif dan bebas sampah, dan jelas perlu didukung seluruh elemen lapisan masyarakat untuk menyukseskan suasana itu”. Kata Amanah Asri.

img 20210327 190355
Hj Amanah Asri disamping monitoring juga foto bersama dengan Aparatur Desa

Selain monitoring dan evaluasi penyuluhan peraturan desa, Amanah Asri juga menyampaikan Instruksi Menteri Dalam Negeri, Nomer 6 Tahun 2021, tentang pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro dan mengoptimalkan posko penanganan Covid 19 ditingkat desa untuk pengendalian penyebaran covid 19. Hal ini menindaklanjuti arahan Bapak Presiden Republik Indonesia, yang mengistruksikan agar kebijakan PPKM berbasis mikro ditingkat desa dan kelurahan terus disosialisasikan, hal tersebut ditindaklanjuti dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri, yang membatasi kegiatan dan pergerakan lapisan masyarakat demi kesehatan keluarga dan lingkungan kita bersama.

Selanjutnya nanti akan di follow up jadi Instruksi Menteri Dalam Negeri lebih lanjut guideline yang bersifat umum namun dapat dikembangkan sesuai dengan tantangan daerah masing-masing. Instruksi Menteri Dalam Negeri nomer 6 tahun 2021, sebagai payung hukum pelaksanaan perpanjangan PPKM mikro ditingkat desa aman disosialisasikan lebih lanjut agar berjalan lancar dalam tataran implementasi di daerah sampai level desa.

“Kami harap dengan adanya sosialisasi dari Ditjen. Bina Pemerintahan Desa Kemendagri ini bisa menambah ilmu dan pemahaman untuk para aparatur desa dalam penyusunan produk hukum desa,” kata Asisten 1 Bidang Pemerintahan Setda Prov. Sulut, Edison Humiang.

“Saya berharap pemerintahan desa segera membuat produk dan aturan khusus, sehingga program kerja membangun desanya menjadi desa wisata segera terwujud dan sesuai aturan hukum yang telah ditetapkan,” lanjut Edison Humiang.

Asisten 1 Bidang Pemerintahan Setda Provinsi Sulawesi Utara, Edison Humiang, mewakili Gubernur dan jajaran pejabat terkait yang berada di Wilayah Provinsi Sulawesi Utara sangat berterima kasih atas kunjungan, saran dan masukan Kepala Bidang Fasilitasi Penyusunan Produk Hukum Desa, Direktorat Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Ibu Amanah Asri SE. MSi, semoga dengan saran dan masukan ini pihaknya akan siap melaksanakannya. (SRJ).

No More Posts Available.

No more pages to load.