Bangunan Balai Desa Ketapangtelu Lamongan Tanpa Papan Proyek, Warga Pertanyakan

oleh -
img 20230615 wa0067

NASIONALNEWS.ID, LAMONGAN – Bangunan Balai Desa di Desa Ketapangtelu, Kecamatan Karangbinangun, Kabupaten Lamongan Jawa Timur tanpa papan proyek. Hal tersebut menjadi pertanyaan warga.

Sesuai pantauan media Nasionalnews.id di lapangan, ada beberapa proyek pembangunan di Desa Ketapangtelu, di tahun 2023 ini, salah satunya Pembangunan Pendopo dan Kantor Balai Desa udah keliatan dikerjakan, akan tetapi tidak satupun ditempat langsungnya kegiatan tanpa ada papan informasi atu papan proyek.

Sementara kepada Desa kades Ketapangtelu Habib Bainudin, saat dikonfirmasi di tempat kantor balai desa beliau mengatakan, pembangunan tersebut dana dari Bantuan Kabupaten (BK) senilai Rp 200 juta untuk Kantor dan Balai Desa tahun 2023, namun bantuan tersebut belum cair, SPK udah.

“Biar dikerjakan dulu ama warga masyarakat, meskipun anggaran bantuan dari BK belum cair, yang penting SPK udah terbit,” ucapnya kepada wartawan Nasionalnews.id Rabo (14/6/2023).

Menanggapi hal tersebut, tokoh masyarakat Lamongan yang enggan disebut nama lengkap berinisial (JE) mengungkapkan pentingnya Keterbukaan Informasi Publik.

“Ada apa dengan pihak pemborong dan dinas terkait, itu yang terkesan ada Pembiaran. Menurut peraturan pemerintah, setiap proyek pemerintah maupun BUMD/BUMN diwajibkan memasang papan proyek. Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 80 tahun 2003 tentang pedoman pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah, diwajibkan untuk memasang papan nama proyek dan Perpres Nomor 70 tahun 2012 tentang pemasangan papan plang proyek wajib,” tuturnya

Masih kata JE disamping itu pemasangan papan proyek itu sebagai bentuk patuh terhadap Undang-Undang RI No.14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

“Bila melanggar, sangsinya dapat dikenakan pidana kurungan paling lama 1 (satu) tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp 5.000.000,00 (lima juta rupiah),” tegasnya

Sholichan

No More Posts Available.

No more pages to load.