Cupang  Ajak Warga Banten untuk Tidak Takut Bekerja di Luar Negeri

oleh -

NASIONALNEWS.ID BANTEN – Mantan Pekerja Migran Indonesia (PMI), Cupang mengajak masyarakat Indonesia khususnya warga Banten untuk tidak takut bekerja di luar negeri. Hal ini dikatakan Cupang  disela-sela acara Sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia yang diselenggarakan di Wisata Pariuk Nangkup Kecamatan Cigeulis Kabupaten Pandeglang, Senin (22/5/2023).

Cupang mengatakan, sosialisasi yang digelar Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) bekerja sama dengan Serikat Peduli Migran Indonesia Perisai Pancasila (SPMI-PP) untuk memberikan edukasi dan informasi lapangan kerja di luar negeri. Menurutnya bekerja di luar negeri bukanlah momok yang menakutkan, asalkan mengikuti aturan yang legal, yaitu dengan prosedural kontrak yang resmi.

“Jadi, siapapun yang ingin bekerja di luar negeri jangan merasa takut, asalkan secara legal. Apalagi sekarang ada undang-undangnya, di luar negeri juga sudah ada, dan Indonesia sekarang sudah ada BP2MI dan SPMI-PP yang menangani PMI-PMI yang bermasalah,” ungkap Cupang yang saat ini menjabat sebagai sekretaris PD SPMI-PP Kabupaten Pandeglang.

Dirinya adalah mantan PMI yang pernah bekerja di Arab Saudi selama dua tahun dan negara Taiwan selama sembilan tahun yang akhirnya bisa menguasai Bahasa Mandarin, kata Cupang, dengan modal itulah pernah menjadi pengajar bahasa Mandarin di PJTKI selama lima tahun.

Lebih lanjut cupang mengatakan, SPMI adalah wadah untuk penempatan sekaligus memberi perlindungan kepada para Pekerja Migran Indonesia yang terkena masalah.

“SPMI-PP siap membantu pekerja migran indonesia, apabila tidak mendapatkan hak sebagai pekerja, misalnya gaji tidak dibayarkan selama bekerja dan tidak bisa pulang karena ditahan oleh majikan, atau mendapat kekerasan fisik,” pungkasnya. (Adek S.)

Berita selengkapnya, simak videonya

No More Posts Available.

No more pages to load.