LPTQ Ponpes IBNI Ali Pamekasan Sukses Gelar Wisuda Tahfidz dan I’lal Al-Qur’an Angkatan ke 3

oleh -
img 20210510 wa0117

NASIONALNEWS.ID, PAMEKASAN – LPTQ Ponpes IBNU Ali Tlontoraja, Pasean, Pamekasan, Madura, Jawa Timur sukses menggelar wisuda tahfidz dan i’lal Al-Qur’an angkatan ke-3.

Wisuda tahfidz dan i’lal Al-Qur’an 19 santri ini dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

Para santri yang wisuda dan I’lan Al-qur’an berasal dari berbagai daerah, selain dari Pamekasan sendri, juga berasal dari Kabupaten Sampang, Sumenep, Bangkalan, Surabaya, Jember, Malang, dan Kalimantan.

“Kegiatan ini sebagai agenda penting dalam rangka membangun generasi qur’ani,” kata Pengasuh LPTQ Pondok Pesantren IBNU ALI Al-Hafidz, K. Mohammad Da’ie melalui Ketua Yayasan Tahfidzul Qur’an IBNU ALI, Hendri Masduki, Minggu (10/05/2021).

Menurut Hendri, selain program Hafalan Al-Qur’an dengan metode tahassus, LPTQ Pondok Pesantren IBNU ALI juga membimbing para santri agar mempunyai wawasan keilmuan berbasis kitab kuning khusunya fiqih dan tafsir Al-Qur’an.

“Pembinaan ini dikemas dalam program, syarat kecakapan beribadah dan kecakapan baca Al-Qur’an (SKBI/SKBA),” ucap Hendri Masduki.

Hendri yang juga Waka Bidang Kurikulum SMA Tahfidz Darul Ulum Ponpes Banyuanyar Pamekasan ini mengatakan, pogram ini diharapkan mampu melahirkan lulusan yang Profesional, religius, responsif, berkeilmuan dan berkemajuan dalam rangka mewujudkan peradaban Islam khusunya di Kabupaten Pamekasan dengan Icon Gerbang Salam (Gerakan pembangunan masyarakat Islami).

“Kegiatan wisuda dan I’lan Al-Qur’an tersebut dihadiri berbagai tokoh pimpinan Pondok Pesantren terkemuka, diantaranya hadir memberikan ceramah yakni RKH. Amin Zaini yang juga selaku Pembina Markaz Dirasat Qur’aniyah (MDQ) LPI Darul Ulum Pondok pesantren Banyuanyar Pamekasan.

Dalam ceramahnya, RKH. Amin Zaini menyampaikan bahwa, Al-Qur’an sebagai pedoman bagi kaum muslimin, selain dibaca dan dihafalkan, juga penting untuk di internalisasi dan direfleksikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Utamanya dibulan Ramadhan khusunya dalam menyambut datangnya malam lailatul Qadar,” ungkapnya.

Untuk diketahui, selain wisuda dan i’lal Al-Qur’an, di acara tersebut juga dilaksanakan buka bersama.

Reporter: Kholisin

No More Posts Available.

No more pages to load.