Lukas Enembe: Papua Tidak Lockdown, Terapkan Social Distancing

oleh -
Camera720 20200324 222921

NASIONALNEWS.ID, JAYAPURA – Gubernur Papua, Lukas Enembe menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah tidak melakukan Lockdown terkait pencegahan Virus Korona (Covid 19). Hal ini disampaikan usai memimpin rapat bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Papua, Bupati/Walikota se-Papua, di Gedung Negara, Jayapura, Selasa, (24/3/2020).

“Tidak ada lockdown, hanya pembatasan sosial ya, kita perlu memblokir pergerakan penduduk lokal Papua terutama dari dan ke wilayah Lapago, Meepago dan Animha,” kata Lukas Enembe.

Lukas menyampaikan, pembatasan sosial yang dimaksud yakni melarang untuk sementara waktu orang masuk ke Papua, baik melalui jalur udara maupun laut. “Transportasi barang boleh masuk, manusia yang tidak boleh masuk,” tegasnya.

Pembatasan Sosial di Papua akan ditutup selama 14 hari terhitung sejak, Kamis 26 Maret 2020 hingga 9 April 2020.

“Langkah ini diambil pemerintah Papua mengingat sudah di temukan dua pasien yang positif Covid-19. Status Papua terkait Covid-19 masih siaga darurat,” ujarnya.

Pemerintah mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk sementara waktu berdiam diri di rumah, dengan melakukan social distancing.

“Membatasi diri untuk tidak melakukan pertemuan atau perjumpaan dengan orang atau keluarga atau rekan, tidak menghadiri pertemuan dan menjaga jarak dalam berkomunikasi,” harapnya. (YERI TARIMA)