Manfaatkan Lahan Sempit, Pemuda Budidaya Tanaman Menggunakan System Hidroponic

oleh -
img 20230219 wa0062

NASIONALNEWS.ID JAKARTA – Peran pemuda memanfaatkan lahan sempit pekarangan rumah untuk dijadikan tempat bertani dengan model Hidroponik juga budidaya Ikan Lele, berlokasi di Kampung Rawa Bebek Gg, Bejie Rt 009/01 Kelurahan Kamal Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Minggu ( 19/02/2023 ).

Angga Sanjaya selaku penggagas. Ternyata ide sudah lama ada dalam pembahasan organisasi pemuda di wilayah tersebut hanya saja keterbatasan lahan menjadi penundaan program hidroponic maupun budidaya lele di hentikan sementara, akhir dari keputusan bersama organisasi pemuda ialah pemanfaatan lahan pekarang rumah yang sempit ini opsi terakhir yang tepat karena padatnya penduduk setempat.

“Kami dan teman-teman mulai mencari cara bagaimana berkebun dengan cara hidroponic juga budidaya bibit lele tepat di pemukiman warga yang padat penduduk, terobosan ini permulaan yang baik disini kami belajar bersama semoga saja dalam keterbatasan lahan ini tidak menjadi alasan kita dalam mengembangkan ekonomi warga serta berinovasi,” ucapnya.

Menurutnya, potensi pemuda ini harus di kembangkan, juga butuh banyak dukungan dari pemangku wilayah setempat.

“saya sendiri berharap besar agar nantinya kami selalu disuport agar para pemuda bisa berkembang kepada hal yang menguntungkan diri serta lingkungan yang ia tempati agar pemuda lebih semangat juga dalam berinovasi,” tegasnya.

Menanam dengan cara hidroponic dan budidaya ikan lele tentu menjadi motivasi bagi warga dan kalangan pemuda yang tidak memiliki cukup lahan, dalam meningkatkan kemandirian secara ekonomi warga maupun personal.

Sementara, Ompong selaku anggota karang taruna RW 009 apresiasi terhadap kegiatan ini selain ikut berkecimpung dalam program ia juga membantu sosialisasikan kepada warga untuk ikut andil berkontribusi dalam kegiatan agar dapat menikmati hasil panen yang lebih baik lagi dan menyeluruh.

“Alhamdulillah di tempat terbatas ini pada bulan lalu sudah menuai hasil panen dari kegiatan menanam secara hidroponic, kami berhasil langkah demi langkah, warga juga dapat menikmati panen walau hanya sebagian, Adapun macam macam sayuran yang di tanam seperti pakcoy, kangkung merah, bayam, sawi, untuk bibit lele ialah lele local. semoga ini berkembang agar hasil ini nantinya menyeluruh serta membangun ekonomi juga kesadaran,” ujarnya.

( Den Kiki )

No More Posts Available.

No more pages to load.