Progam SERAMBI Bank Indonesia Buka Layanan Penukaran Uang di Kantor Walikota Jakbar

oleh -
img 20230405 wa0106

NASIONALNEWS.ID, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) membuka layanan penukaran uang baru khusus Ramadhan dan jelang Idul Fitri 2023 di Lobi Utama Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Rabu (5/4).

Pelayanan ini diberi nama program SERAMBI (Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idhul Fitri) ini rencananya akan digelar mulai 5 April 2023 hingga 14 April 2023 di wilayah Jakarta Barat secara bergiliran.

Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto mengatakan, pelayanan Serambi ini untuk memberikan kesempatan kepada warga untuk menukarkan dengan uang baru pecahan kecil untuk dipergunakan pada hari lebaran nanti.

“Jadi tidak lagi ada penukaran uang dengan penambahan-penambahan atau ada embel-embel lainnya,” ujar Uus.

Menurut Uus ada di Jakarta Barat ada tiga lokasi penukaran uang Bank Indonesia yaitu di Kantor Wali Kota, Pasar Slipi dan kawasan Masjid Hasyim Ashari Duri Kosambi Cengkareng.

Bank Indonesia dalam program pelayanan ini kata Uus menyiapkan uang pecahan dengan jumlah 1,5 miliar per titik atau per satu mobil.

“Tapi kalau di kantor wali kota mau ditambah ya monggo, siapa tahu ada warga sekita atau ASN yang mau menukar,” imbuhnya.

Sedangan untuk cara penukaran, Uus memastikan tidak ada syarat apapun yang pasti setiap penukar hanya dibatasi sejumlah 3,8 juta saja.

Sementara ditempat yang sama, Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Ameriza M Moesa mengatakan, ada dua aspek dalam program Serambi ini yakni yang pertama memastikan ketersediaan rupiah di ramdhan dan jelang idhul fitri sesuai pecahan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Kedua meningkatkan pelayanan penukaran uang pecahan kecil di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Menurut Ameriza, di seluruh Indonesia ada 5060 titik pelayanan penukaran uang pecahan kecil yang bekerja sama dengan bank-bank yang ada di Indonesia.

Sementara untuk di DKI Jakarta selain di pasar-pasar juga ada lima masjid yang menjadi titik penukaran yaitu di Masjid Al Azhar, Masjid Attin, Masjid Istiqlal, Masjid Hasyim Ashari dan Islamic center.

Selain BI juga membuka pelayanan penukaran di sejumlah rest area jalan tol di Jawa dan Sumatera yang akan dimulai pada 14 – 17 April 2023.

“Kami informasikan juga rencana pada 8-9 April 2023 kami juga akan mengadakan penukaran uang di Gelora Bung Karno (GBK) dengan porsi dan kapasitas lebih banyak,” katanya.

Ameriza mengatakan, tujuan diadakannya pelayanan penukaran uang baru yang digelar di seluruh Indonesia adalah sebagai tindakan prespektif mencegah masyarakat untuk menukar uang di pinggir-pinggir yang dilakukan oleh sejumlah pedangan uang.

Menurutnya, semakin ditingkatkan kegiatan penukaran ini, masyarakat yang tadinya bergantung dengan pedagang uang, untuk beralih ke BI.

“Karena kalau di BI tidak ada potongan dan dijamin pas, asli dan terhindar dari upaya penipuan,” imbuhnya.

Untuk memudahkan masyarakat, BI juga menyediakan pelayanan penukaran secara digital (online) yaitu melalui link www.pintar.bi.go.id.

Dalam link tersebut, nanti ada informasi jadwal penukaran uang baru secara lengkap.

“Masyarakat tinggal masuk aja link tersebut, nanti bisa atur jadwal, lokasi, tukar berapa dan lainnnya,” pungkasnya.

(Budi Beler)

No More Posts Available.

No more pages to load.