PT Kalingga Purbalingga Sukses Ubah Lahan Tidur Jadi Lahan Produktif

oleh -
img 20210619 wa0174

NASIONALNEWS.ID, PURBALINGGA – Maraknya penambang pasir di Kabupaten Purbalingga tidak membuat gentar seorang Pengusaha Widji Tri Susetiyo ( 46 tahun ) yang juga merupakan seorang Pegawai Negri Sipil di Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kabupaten Purbalingga Jawa tengah. Sejak 5 tahun yang lalu berdiri PT. Kalingga Makmur Sentosa Abadi yang beralamat di Jl. Randu Alas RT 001/010 dusun 1, Desa Bukateja Kabupaten Purbalingga sukses mensuplay material proyek-proyek strategis Nasional.

“Tahun 2018 lalu kita sudah suplay kebutuhan proyek pembangungan Bandara kulon progo, kemaren tahun 2020 pembanganunan Bandara Jendral Besar berkisar 70% kebutuhan matrial juga dari PT. Kalingga Mas, bendungan Slinga , PLTU Cilacap jadi memang produksi kita sesuai Standar proyek proyek besar,” ungkap Widji atau yang akrab di panggil mas yoyon

Sementara Imam Subarkah selaku Direktur Produksi dan pemasaran PT Kalingga Mas menambahkan, bisnis yang menjalankan visi misi, yang mana memanfaatkan Daerah Aliran Sungai dan ramah lingkungan.

“lahan yang semula tidak bisa ditanami hasil bumi, karena kedalamanya hanya 0,5 m seterusnya sudah sirtu, kemudian kita gali, ambil pasirnya dan batunya hingga kedalaman sekitar kedalaman 5 meter, lalu setelah selesai lahan tersebut dengan tanah dan kita kembalikan lagi kepada petani, dan petani merasa di untungkan, disitu dapat uang sewanya dan tanahnya sekarang bisa di tanami padi,” tuturnya.

“Hasil panenya juga bagus ,saat ini sudah 3,5 hektar lahan yang sudah berhasil di reklamasi oleh PT Kalingga mas, petani sekarang merasa senang tanahnya jadi produktif harga jualnya juga naik secara otomatis,’’ kata Widji

“Dan besar harapan saya apa yang di lakukan oleh PT. Kalingga saat ini juga di ikuti oleh penambang lain di Purbalingga jangan diambil keuntungannya saja, tapi perhatikan manfaat terhadap lingkunganya,’’ ujar Widji saat di temui wartawan di lokasi , Sabtu (19/6/2021).

Sementara di tempat lain Komarudin 53 tahun warga yang merupakan pemilik lahan seluas 3500 m2 yang telah di reklamasi oleh PT Kalingga mengaku sekarang bisa bertanam padi yang tadinya hanya tumbuh ilalang.

“Lahan saya 3500 m2 bisa mendapatkan hasil panen padi 1600 kg 2 kali panen dalam setahun,” ungkap komarudin.

Rep. Imam Suratno

No More Posts Available.

No more pages to load.