Update Covid-19 di Nabire, 9 ODP dan 1 PDP

oleh -
Screenshot 20200404 221532 Video Player

NASIONALNEWS.ID, NABIRE – Pemerintah Kabupaten Nabire melalui Juru Bicara (Jubir) Tim Gugus Tugas Covid 19, Dr. Frans Sayori mengatakan bahwa data Covid 19 per Sabtu (4/4) pada kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) sembilan orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) satu orang.

“Sehari sebelumnya ODP ada 4 orang, PDP belum ada, tapi data per hari ini ODP 9 orang dan PDP 1 orang hasil tersebut berdasarkan verifikasi sebelum pukul 17.00 WIT,” kata Jubir Tim Gugus Tugas Covid 19 Nabire di Aula Media Center, sabtu (4/4/2020).

Dikatakan Sayori, bahwa data tersebut diperoleh dari RSUD Nabire, 32 Puskesmas, dan Klinik Swasta yang tersebar di Kabupaten Nabire.

“Penambahan jumlah ODP dan PDP itu jangan di kira dari masyarakat yang baru datang dari luar Nabire, tetapi data tersebut adalah akumulasi dari keseluruhan laporan yang bersumber dari layanan kesehatan yang tersebar di Kabupaten Nabire yakni dari 32 Puskesmas, Klinik Swasta dan RSUD Nabire,” ujarnya.

Sesuai dengan pedoman dari Kementerian Kesehatan pasien PDP sudah ditangani oleh pihak RSUD Nabire untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Pasien PDP saat ini dirawat di RSUD Nabire, sebenarnya pasien PDP yang kondisinya ringan atau sedang bisa dirawat di rumah tetapi untuk mengantisipasi gejala seperti sesak pernapasan maka dirawat di rumah sakit agar ditangani dengan fasilitas dan dokter spesialis. Meskipun demikian pasien PDP bukan berarti sudah positif corona, sebab pasien harus melalui tahapan pemeriksaan laboratorium dulu,” ungkapnya.

Meskipun data tersebut dapat berubah setiap saat sesuai dengan laporan yang masuk ke posko Covid 19 Kabupaten Nabire, Sayori berharap, “pasien PDP yang saat ini sudah ditangani sesuai mekanisme dapat segera pulih,” terangnya.

Dirinya menghimbau agar setiap kita harus berhati-hati, sebab penyebaran virus corona tidak dapat diketahui. Jika ada orang yang memiliki gejala, tentu menjadi peringatan bagi semua masyarakat.

“Penyebaran Covid 19 di Kabupaten Nabire sudah jelas di setiap Distrik. Maka itu, ikuti aturan Pemerintah tinggal di rumah, hindari kontak dengan orang lain, jangan kumpul-kumpul, dan istirahat yang cukup,” Tutup Sayori. (YERI)