Peduli Dampak Covid-19, Forwat Gelar Aksi Solidaritas dan Sosial

oleh -
Forum Wartawan Tangerang

NASIONALNEWS.ID, KOTA TANGERANG -Pandemi covid-19, banyak masyarakat maupun sektor usaha terdampak sejak pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang ditetapkan pemerintah memutus mata rantai penyebaran virus corona. Melihat hal tersebut,  Forum Wartawan Tangerang (Forwat) menggelar aksi solidaritas dan sosial kepada wartawan. Kamis (21/5/2020).

Aksi solidaritas dan sosial itu merupakan bentuk kepedulian terhadap nasib profesi jurnalis yang juga ikut terdampak mencari kebutuhan hidup layak (KHL) imbas dari pergeseran anggaran publikasi media di semua bidang pemerintahan yang dialihkan untuk penanganan Covid-19.

“Wartawan layak diperhatikan, karena mereka tetap berjuang dilapangan mencari informasi untuk disampaikan kepada masyarakat dengan bertaruh nyawa demi berita yang akurat dan berimbang meski di tengah pandemi Covid-19,” ungkap Ketua Forwat Andi Lala, di Rumah Makan Hj Ida Aten Sutan, Jalan Teuku Umar, Karawaci Kota Tangerang.

Forwat sebagai wadah wartawan dengan tagar ‘rumahnya jurnalis’ dengan puluhan anggota dari berbagai media di Tangerang Raya membagikan paket sembako dan uang saku bagi anggota, maupun para wartawan di Tangerang Raya.

“Di hari ke 28 Ramadhan 1441 Hijriah ini, Forwat sengaja melaksanakan kegiatan sosial berbagi sembako dan uang saku untuk wartawan. Baik anggota, calon anggota maupun yang bukan anggota yang hadir kita bagikan,” jelas Andi Lala.

Lebih jauh Andi mengemukakan, kegiatan itu dilaksanakan melibatkan berbagai pihak dan merupakan hasil bantuan dari donatur, seperti Pemkot Tangerang, Polres Metro Tangerang Kota, Kodim 0506/TGR dan donatur lainnya dengan tujuan berbagi meringankan beban sesama ditengah pandemi serta moment berbagi menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

“Sembako yang kita bagikan merupakan hasil donasi dari berbagai pihak, semoga dapat bermanfaat bagi para wartawan, dan sedikit meringankan beban jelang lebaran nanti,” ungkapnya.

Andi Lala juga mengharapkan, Organisasi Forwat kedepan dapat lebih kompak, berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Forwat harus tetap aktif dan reaktif, apalagi beriringan dengan ciri khas kritisnya membangun birokrasi yang sehat di pemerintahan sesuai fungsi sebagai sosial kontrol yang juga merupakan pilar demokrasi,” tukasnya.

Selain pemberian sembako dan uang saku kepada puluhan wartawan dari Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang. Forwat juga memberikan santunan kepada Anak Yatim hasil partisipasi Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Pertamanan Kota Tangerang, Sumangku.

“Alhamdulillah, karena Forwat selama ini menjadi rekanan kami, dengan adanya kegiatan ini, kami bisa ikut berpartisipasi memberikan sedikit bantuan kepada anak-anak Yatim,” ujar Sumangku. (wan/yuy)