Antisipasi Banjir, Dinas PUPR Kota Tangerang Normalisasi Aliran Sungai

oleh -
Dinas PU
Alat Berat Dinas PUPR Kota Tangerang Saat melakukan Pengurukan di Das Kali Angke Cantiga

NASIONALNEWS.ID, KOTA TANGERANG – Untuk mengantisipasi banjir dan genangan air menjelang musim hujan. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang melakukan normalisasi (pengurukan) di Daerah Aliran Sungai (DAS) kali Angke Sub Cantiga menggunakan alat berat.

Pengurukan tersebut dilakukan sebagai langkah kepedulian pemerintah daerah dalam kepada masyarakat yang selama ini terdampak banjir dan genangan air akibat meluapnya air dari aliran kali angke Cantiga, khususnya di Kecamatan Karang Tengah, Ciledug dan Larangan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan Dinas PUPR Kota Tangerang Agus Sumarna, Selasa (25/8/2020).

“Pengurukan dilakukan menggunakan alat berat amphibious excavator mini dibeberapa ruas Kali Cantiga, seperti di Komplek Perdagangan sepanjang 300 meter, Saluran Pembuangan Karang Timur ruas perumahan Metro Permata sepanjang 850 meter dan Perumahan Peruri sepanjang 1242 meter serta ruas Puri Beta sampai dengan jembatan Joglo sepanjang 1300 meter,” ungkap Agus Sumarna.

Lebih jauh ia mengemukakan, pihaknya juga berencana akan melakukan pengurukan sampai ke segmen DDN Cantiga agar aliran debit air bisa dikendalikan (tertampung) sehingga tidak meluap ke pemukiman warga.

PU Kota Tangerang

“Normalisasi ini diharapkan akan menambah kapasitas hidrolis saluran dan dengan melakukan ini bisa mampu mengalirkan debit ke arah Kali Angke dengan baik. Sehingga tidak lagi meluap keberapa titik langganan banjir di Kota Tangerang seperti tahun-tahun sebelumnya,” tukasnya. (Iwan/Adv)