DLH Kota Tangerang Gelar Puncak Aksi Penanaman Pohon

oleh -

NASIONALNEWS.ID, KOTA TANGERANG – Dalam memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tahun 2018, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) gelar puncak aksi penanaman pohon tingkat Kota Tangerang, Rabu (5/12/2018).

Adapun isi kegiatan dalam acara yang mengusung tema “Aksi Nyata, Satu Tujuan Di Bawah 2°C” yaitu melakukan aksi penanaman pohon bersama Walikota Tangerang yang bertempat di alun – alun Neglasari.

Kabid DLH Kota Tangerang, Dadang Basuki saat ditemui diruang kerjanya mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan komitmen Pemkot Tangerang dalam upaya mitigasi dampak perubahan iklim, sebagai bentuk upaya pengurangan dampak pemanasan global, dan konservasi air serta melakukan aksi aksi lingkungan.

Hari Menanam Pohon
Walikota Tangerang H. Arief R Wismansyah turut menanam pohon di acara puncak aksi penanaman pohon Kota Tangerang Tahun 2018, Rabu (5/12/2018)

“Puncak aksi penanaman pohon tingkat kota Tangerang Tahun 2018 ini diikuti oleh seluruh komponen masyarakat di Kota Tangerang. Sekitar 300 orang hadir dalam acara ini yang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sekolah, masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), pramuka, pelaku usaha, serta BUMD,” ujarnya

Dadang menambahkan, keterlibatan seluruh komponen masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian tentang pelestarian lingkungan. Kata dia, bahwa tanggung jawab menjaga kelestarian alam adalah tanggung jawab seluruh komponen masyarakat. “Kita semua hidup memanfaatkan sumber daya yang ada di dalamnya,” imbuhnya.

Dijelaskan Dadang, jenis pohon yang ditanam yaitu diantaranya tanaman pelindung dan tanaman berbunga. Selain dapat sebagai penyerap karbon kata Dadang, tanaman tersebut juga penghasil oksigen serta dapat menjadi tanaman yang dapat mempercantik kota serta menjadi cadangan air.

DLH Kota Tangerang

Menurut Dadang, penanaman pohon merupakan salah satu upaya yang efektif dalam mengurangi dampak pemanasan global, serta merupakan salah satu cara menjaga konservasi air, sebagai sarana edukasi, menurunkan pencemaran, dan penyumbang oksigen.

“Selain itu, pada acara ini juga menampilkan kreasi yang dibawakan oleh pelajar yang bersekolah di sekolah adiwiyata,” imbuhnya.

Lebih lanjut Dadang berharap, dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat dapat menindak lanjuti, dan menjadi sebuah kebiasaan bagi masyarakat Kota Tangerang.

“Masyarakat bisa menanam pohon di pekarangan dan lahannya masing – masing. Selain itu, saya harap masyarakat turut serta memberikan kontribusi terhadap kelestarian bumi kita dan mengajarkan nilai positif bagi anak cucu di masa yang akan datang,” harapnya. (Adv)

No More Posts Available.

No more pages to load.