Vaksinasi Covid-19 Lansia di Cengkareng, Ditinjau Walkot Jakbar dan Dandim

oleh -
img 20210319 055124

NASIONALNEWS.ID, JAKARTA – Vaksinasi Covid-19 Lansia di SDN Kedaung Kaliangke 03 Pagi, 08 Pagi dan 09 Petang, Kelurahan Kedaung Kaliangke Kecamatan Cengkareng, ditinjau Wali Kota Administrasi Jakarta Barat Uus Kuswanto dan Dandim 0503 Kolonel Inf Dadang Ismail, Kamis (18/3).

Pada kesempatan tersebut Wali Kota dan Dandim secara simbolis memberikan sertifikat telah divaksinasi kepada dua orang Lansia.

Uus mengatakan, gerebek vaksinasi Covid-19 lansia untuk mempercepat pencapaian target selesai 31 Maret 2021 mendatang. Kegiatan tersebut melibatkan stakeholders dan berbagai unsur.

“Kami sengaja gerebek atau melakukan vaksin dengan melibatkan berbagai macam unsur. Bukan hanya jajaran Pemkot Jakbar, namun juga dari TNI-Polri, termasuk RT-RW serta unsur dan organisasi masyarakat lainnya,” ujar Uus.

Menurutnya, teknis pelaksanaannya dimulai dari masing masing kecamatan ada lokasi lokasi prioritas dan dilakukan secara mobile.

“Selain dari masing puskesmas, kecamatan, kelurahan dan ada beberapa rumah sakit swasta yang kita libatkan untuk menggerebek bersama-sama untuk percepatan pelaksanaan vaksin di Jakarta Barat sehingga target yang sudah ditentukan, tanggal 31 Maret untuk vaksin bagi Lansia dapat tercapai, selesai semua,” katanya.

Selanjutnya, sambung Uus, ada upaya upaya lain yang dilakukan, seperti informasi dan edukasi kepada masyarakat agar tadak takut dan khawatir terkait vaksinasi Covid-19.

“Kita yakinkan bahwa pelaksanaan vaksin sudah sesuai prosedur dan Insya Allah akan membuat daya tahan tubuh baik, sehingga di masa pandemi ini khususnya bagi lansia staminanya tetap baik,” tuturnya.

Dia juga mengimbau dilakukan jemput bola bagi Lansia yang butuh bantuan. “Bagi Lansia yang kondisi fisik perlu bantuan, baik karena lupa maupun tidak ada pengantar, kami minta sarankan kepada jajaran di kecamatan, kelurahan, RT-RW, LMK,
TNI POLRI untuk bisa berkolaborasi menjemput secara massif bersama-sama warga masyarakat untuk bisa dihadirkan di lokasi yang sudah ditentukan dan dijadwalkan,” imbuhnya.

Uus berharap mudah- mudahan ini dapat membantu percepatan vaksinasi Covid-19 di Jakarta Barat. Setelah ini akan dilakukan bagi masyarakat umum dan untuk Lansia diupayakan akhir 31 Maret sudah selesai.

Sementara itu, Kasudis Kesehatan Jakarta Barat Kristy Wathini, menambahkan dari target sasaran vaksinasi Covid-19 sebanyak 199.192 Lansia di Jakarta Barat, hingga kini telah tercapai sekitar 25 persen atau 49.798.

Sementara untuk Kecamatan Cengkareng dari target sasaran 36.820 lansia, yang sudah tercapai sekitar 32.23 persen atau 14 ribuan.

“Sedangkan jumlah peserta yang terjadwal vaksinasi hari ini di SDN Kedaung Kaliangke 03 Pagi, 08 Pagi dan 09 Petang sebanyak 600 Lansia,” pungkas Kristy.

Hadir Aspem Yunus Burhan, Asisten Adkesra Amien Haji, Camat Cengkareng A Faqih, jajaran Sudis Kesehatan dan puskesmas serta aparat wilayah setempat. (Budi Beler)