Atasi Kemacetan Mudik 2023, IPW Apresiasi Kapolri

oleh -
img 20220510 094048

NASIONALNEWS.ID, JAKARTA – Indonesia Police Watch (IPW) mengapresiasi kinerja Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang secara maksimal mengatur jalur mudik Lebaran 2023 di Pulau Jawa. Utamanya, dalam mengatasi kemacetan lalu lintas puluhan jam di Trans Tol Jawa.

“Ini berkat kerja keras Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang mengerahkan seluruh anggotanya dan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan serta Pemerintah Daerah setempat. Bahkan, untuk mengatasi lebaran tahun ini, Kapolri telah menurunkan lima Komisaris Jenderal untuk memimpin langsung arus mudik dan balik lebaran 2023,” kata ketua IPW Sugeng Teguh Santoso saat memberikan keterangan persnya, Minggu (23/4/2023).

Sugeng juga menjelaskan, lima jenderal bintang tiga yang mendapatkan tugas mengamankan mudik yakni Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto diberikan tugas untuk memantau wilayah Banten. Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran di wilayah Polda Metro Jaya. Kemudian wilayah Jawa Barat dipantau Kabaintelkam Polri Komjen Wahyu Widada.

Sementara wilayah Jawa Tengah diberikan tanggung jawab kepada Kalemdiklat Polri Komjen Purwadi Ariyanto. Sedangkan untuk wilayah Jawa Timur dipercayakan kepada Dankor Brimob Polri Komjen Anang Revandoko.

Melalui rekayasa lalu lintas seperti contra flow dan sistim satu arah (one way) yang dilakukan Polri di Trans Jalan Tol, membuat para pemudik terbebas dari kemacetan puluhan jam. Hal ini sesuai dengan skenario yang telah disepakati dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kepala Korps Lalu Lintas Polri dan Direktur Jenderal Bina Marga nomor: KP-DRJD 2616 Tahun 2023, SKB/48/IV/2023, 05/PKS/Db/2023 tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran Tahun 2023/1444 Hijriah.

Seperti yang terjadi pada arus mudik hari Selasa, 18 April 2023 telah dilakukan sistim satu arah (one way) dari Tol Cikampek ke Tol Kalikangkung Semarang, terpaksa diperpanjang sampai pukul 12 siang di hari Rabu, 19 April 2023. Demikian juga pada hari Rabu, 19 April 2023, rekayasa lalu lintas one way juga diberlakukan hingga pukul 12 siang pada hari Kamis, 20 April 2023. Hal ini dilakukan untuk mengurai kepadatan dan kemacetan yang terjadi.

“Dengan begitu, peningkatan volume kendaraan yang meningkat dibandingkan tahun 2022, dapat diatasi dengan baik oleh pihak kepolisian. Tinggal, saat ini, bagaimana Polri mengantisipasi arus balik yang puncaknya diperkirakan terjadi pada 25 April mendatang,” tutupnya.

Salam

Sugeng Teguh Santoso
Ketua IPW
082221344458

Data Wardana
Sekjen IPW

No More Posts Available.

No more pages to load.