KPU DKI Jakarta dan Stakeholder Gelar Diskusi Bersama Soal Giat Pilkada 2024

oleh -
img 20240501 wa0008
Suasana Diskusi dan Rapat sinergi antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta dan para stakeholder nya dalam membahas tahapan dan dukungan pada Pilkada 2024 yang akan digelar pada 27 November mendatang.

NASIONALNEWS.ID, JAKARTA – Guna memperkuat sinergi antar lembaga pemerintah dalam mendukung pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta mengajak para stakeholder nya untuk diskusi bersama membahas tahapan dan dukungan dalam pesta demokrasi yang akan digelar pada 27 November mendatang.

Dalam Rapat Koordinasi beberapa waktu lalu, Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Wahyu Dinata menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas keikutsertaan dan keaktifan masyarakat DKI Jakarta serta kekompakan dan keseriusan pada para stakeholder yang ada.

“Tingkat partisipasi Pemilihan Presiden Tahun 2024 di wilayah Provinsi DKI Jakarta mencapai 78,78%, Pemilihan DPR RI 77,57%, DPD RI 77,65% dan DPRD Provinsi mencapai 77,46%z, oleh karenanya KPU Provinsi DKI Jakarta wajib mengucapkan terima kasih atas dukungan lembaga pemerintah terhadap suksesnya penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024 yang lalu”Ujar Wahyu saat membuka acara diskusi tersebut.

img 20240501 wa0012
Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Wahyu Dinata menyampaikan rasa syukur dan bangganya pada para stakeholder dalam keikutsertaan pada kegiatan pilpres 2024 lalu

Di rapat yang juga dihadiri oleh beberapa ketua divisi Pemilu provinsi DKI Jakarta tersebut, Wahyu memaparkan tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024 kepada para pemangku kepentingan atau stakeholder nya. Mereka terdiri atas unsur pemerintah provinsi, Bawaslu DKI Jakarta, Kodam Jaya, Polda Metro Jaya, Kesbangpol DKI Jakarta, Biro Pemerintahan DKI Jakarta, Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, Diskominfo DKI Jakarta, Disdukcapil DKI Jakarta, Kakanwil Kemenkumham DKI Jakarta, BIN DKI Jakarta, Satpol PP DKI Jakarta, Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Komisi Informasi DKI Jakarta, Komisi Penyiaran DKI Jakarta, Dinas Sosial DKI Jakarta serta perwakilan Walikota Administrasi se-DKI Jakarta.

Ia juga menjelaskan mengenai sejumlah kebutuhan yang dapat didukung untuk para stakeholder di setiap tahapan pemilihan.

Tanggal 5 Mei 2024 nanti baru akan dimulai tahapan pemenuhan syarat dukungan bagi calon perseorangan.

“Yang terdekat adalah, saat ini Kami sedang menjalani proses perekrutan badan adhoc, yaitu PPK. Dan sebentar lagi PPS. Kemudian kami juga akan memulai tahapan pemutakhiran data pemilih yang sudah pasti memerlukan kerjasama dari Dinas Dukcapil,” papar Wahyu lagi.

img 20240501 wa0011
Foto bersama para peserta diskusi antara para ketua dan pimpinan lembaga yang terkait dengan acara Pilkada 2024

Sementara itu Budi Awaluddin selaku Kepala Dinas Dukcapil Provinsi DKI Jakarta mengaku bahwa, Dinas Dukcapil akan menjamin ketersediaan blangko KTP-el bagi pemilih untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta tahun 2024 tetap aman.

“Kami dari Dinas Dukcapil melakukan hibah pengadaan 5 juta blangko KTP-el. Mudah-mudahan kekosongan blangko sudah bisa terpenuhi di tahun ini dan di bulan Mei sudah Kami dapatkan, jadi tidak perlu lagi nanti pakai suket”katanya. Sebagai info, Budi menyebut bahwa pada hari Pemilihan Dukcapil akan terus buka untuk memberikan layanan yang membutuhkan KTP-el.

Merespon hal tersebut, Ketua Bawaslu DKI Jakarta Munandar, menyatakan pihaknya akan memaksimalkan kembali koordinasi dengan KPU DKI Jakarta.

“Terkait dengan pencalonan perseorangan, diharapkan sinergi kita di lapangan bisa turun sampai ke tingkat pengawas Adhoc, terutama dalam melakukan verifikasi administrasi maupun verifikasi faktual terkait dengan dukungan bakal calon,” ujar Munandar.

img 20240501 wa0010
Perwakilan dari Polda Metro Jaya akan menggelar Operasi Mantap Praja dalam waktu dekat guna menyukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2024 nanti.

Disisi lain, Direktur Intelkam Polda Metro Jaya Kombes Dedy Kusuma Bakti telah menyiapkan dan berjanji akan menggelar Operasi Mantap Praja dalam waktu dekat guna menyukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2024 nanti.

“Pada prinsipnya, kami akan mendukung penuh semua tahapan yang sedang dan akan berjalan dalam rangka menyukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024 mendatang,” katanya.

Melihat antusias yang ditampilkan oleh para pimpinan lembaga pemerintah tersebut KPU DKI Jakarta tentunya akan lebih lebih gencar lagi dalam sosialisasi kepada pemilih muda. Hal itu diungkap oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi DKI Jakarta, Taufan Bakri. Ia berharap sinergi ini akan segera terwujudkan.

“Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur akan dipilih oleh sekitar 50% pemilih muda kita. Kota global yang banyak diharapkan akan menyaingi kota global kelas dunia maka dari itu, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2024 ini harus berkualitas,” bebernya.

img 20240501 wa0009
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta DKI Jakarta pun siap memberikan dukungan penuh kepada KPU Provinsi DKI Jakarta pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta

Dari sisi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) berharap Pilkada 2024 ini ramah HAM.

“Kemenkumham DKI Jakarta siap memberikan dukungan penuh kepada KPU Provinsi DKI Jakarta untuk menjalankan tugasnya dalam menyelenggarakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta,” kata R. Andika Dwi Prasetya yang saat ini menjadi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta.
—————————– Amex

No More Posts Available.

No more pages to load.