Menteri PPN/Bappenas Tinjau Pembangunan Bandara di Nabire

oleh -
oleh
Menteri PPN/Bappenas
Menteri Bambang optimis keberadaan bandara dapat mendorong perekonomian.

NASIONALNEWS.ID, NABIRE – Selain meresmikan Sekolah Terintegrasi Berpola Asrama, Menteri PPN/Bappenas RI, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro meninjau lokasi pembangunan Bandara  Nabire di Kalidiri, Kabupaten Nabire, Kamis (8/8/2019) kemarin.

Pembangunan Bandara yang dipresiksi akan rampung pada 2021 mendatang dan akan beroperasi peneuh pada tahun yang sama, Menteri Bambang mengaku optimis kalau Bandara tersebut dapat mendorong perekonomian masyarakat di Papua.

“Kami menyambut baik pembangunan bandara ini. Seingat saya, Menteri Perhubungan tahun lalu pernah datang ke kantor Bappenas, salah satunya membahas Bandara Nabire yang akan dibiayai dengan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tiga tahun, dari 2019 hingga 2021,” kata bambang.

Menteri Bambang juga berterima kasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda), lantaran telah membantu menyelesaikan masalah pembebasan lahan.

“Mudah-mudahan dengan segala sesuatu yang sudah diselesaikan dan sudah land clearing, maka target pembangunan dapat sesuai dengan yang dijadwalkan SBSN tadi,” ujarnya.

Bambang menambahkan, bahwa keberadaan Bandara Nabire Baru akan memudahkan mobilitas masyarakat Papua yang selama ini harus terbang dari Bandar Udara Douw Aturure. Masyarakat yang berada di wilayah adat Meepago dan Paniai misalnya, akan merasakan dampak langsung dari terbukanya akses untuk terbang langsung dari Bandara Nabire Baru.

“Paling penting, gunakan Bandara Nabire Baru ini sebaik-baiknya untuk pengembangan ekonomi. Keberadaan bandara ini diharapkan dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat,” terangnya.

Lebih dalam ia mengatakan, bahwa keberadaan bandara tersebut membutuhkan dukungan dari masyarakat agar bisa maju.

“Sukungan seluruh masyarakat diperlukan, karena bandara ini hanya akan beroperasi dengan baik apabila traffic-nya bagus, dimana konsumen adalah masyarakat Itu sendiri,” pungkasnya.

Patut diketahui, tahap pertama pada 2021 mendatang, landasan pacu Bandara Nabire Baru dapat digunakan untuk pesawat ATR, sementara di tahap selanjutnya, bandara tersebut akan dilengkapi dengan landasan pacu untuk pesawat Boeing. (yt/04)

No More Posts Available.

No more pages to load.