Deklarasi ODF Desa Sriwangi Bebas Jamban Cemplung

oleh -
Img 20200207 Wa0001

NASIONALNEWS.ID, LAMPUNG TIMUR – Desa Sriwangi Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur mengadakan kegiatan Open Defecation Free (ODF), yaitu senitasi berbasis masyarakat, untuk kesehatan masyarakat yang intinya bebas jamban cemplung, Kamis (6/2/2020).

Dalam kegiatan ODF tersebut tim dari Puskesmas Desa Sriwangi bersama-sama dengan pihak Polsek dan Kecamatan Way Jepara serta Kepala Desa Sriwangi turun ke warganya, untuk survey lingkungan yang ada di Desa Sriwangi.

Kepala Desa Sriwangi, Muliono mengatakan, mengapa diadakan kegiatan tersebut? menurutnya, data di tahun 2019 lalu ada sembilan titik di wilayah Sriwangi, dimana warganya masih menggunakan jamban cemplung.

“Kita berikan arahan kepada warga yang masih menggunakan jamban cemplung demi kesehatan,” ujarnya.

Muliono juga menegaskan, untuk warga yang masih menggunakan jamban cemplung akan mendapatkan bantuan dari program pemerintah yaitu dari dana Desa.

“Warga yang masih menggunakan jamban cemplung akan kita data dan kita berikan bantuan dari dana Desa untuk membuat WC,” ujarnya.

Sementara Dokter Puskesmas Desa Sriwangi, Robet menjelaskan, pihaknya dari Puskesmas sengaja ikut turun langsung memantau ke masyarakat serta mensosialisasikan keberadaan jamban cemplung yang memang dianggap pemerintah kurang sehat.

“Kita ingin Desa Sriwangi yang memang sudah mendapatkan verifikasi dari Kecamatan bahwa Desa Sriwangi sudah bebas dari jamban cemplung,” pungkasnya.
(awi)

No More Posts Available.

No more pages to load.