Perangi Narkoba, Lurah Pedurenan Sosialisasikan Kampung Bersinar

oleh -246 views
Kampung Bersinar
Lurah Pedurenan, Ashari Hermawan sosialisasikan Kampung Bersinar di RW 03 Perum Ciledug Indah II, Senin (19/8) poto: ist/nasionalnews.id/kota tangerang.

NASIONALNEWS.ID, KOTA TANGERANG – Bekerja sama dengan Kesbangpol Kota Tangerang, Lurah Pedurenan, Ashari Hermawan melakukan sosialisasi program Kampung Bersinar (Bersih Narkoba) di RW 03 Perum Ciledug Indah II, Senin (19/8/2019) malam kemarin.

Sosialisasi program Kampung Bersinar itu adalah sebagai bagian dari gerakan pencegahan peredaran narkoba di Kelurahan Pedurenan, Kecamatan Karang Tengah, Kota Tangerang.

Ashari mengatakan, orang memakai narkoba pasti ketagihan sehingga barang semahal apapun akan dibeli dan dicari, asalkan memenuhi kebutuhannya.

“Meski harga melambung, orang pasti membeli karena kondisinya ketagihan. Itu dia yang membuat orang berniat menjual narkoba ke Indonesia karena sebab ada pembelinya,” ujar Ashari, Selasa (20/8/2019).

Maka dari itu dalam gerakan Kampung Bersinar ini, RT RW dan tokoh masyarakat diharapkan dapat menggerakkan kampung-kampung dengan memberikan sosialisasi pencegahan dan peredaran narkoba.

Mereka juga diharapkan bisa mendeteksi dini sesuai perubahan perilaku, pemetaan titik-titik penyalahgunaan narkoba dan pemberdayaan masyarakat.

Untuk itu, keterlibatan seluruh elemen masyarakat, seperti RT RW, terutama keluarga sangatlah pentung. Ini karena lingkungan terdekat sangat kuat pengaruhnya terhadap proses kehidupan anak.

“Perhatikan tetangga, saudara atau anak kita apakah terdapat gejala seperti pola tidur berubah, selera makan berkurang, prestasi di sekolah menurun, dan banyak menghindari aktivitas sosial dengan keluarga dan teman,” tegasnya.

Jika ada di antara warga yang menemukan, lanjut Ashari, segera berkoordinasi dengan pihak terkait untuk kemudian dilakukan supervisi khusus berupa assessment dan rehabilitasi.

Adapun Gerakan Kampung Bersinar yang telah disosialisasikan tersebut akan menjadi pilot project bagi RW lain di Kelurahan Pedurenan, dengan cara mandiri berinisiatif melakukan sosialisasi bahaya narkoba.

“Adanya gerakan tersebut menunjukkan bagaimana pemberdayaan masyarakat dapat digunakan sebagai prioritas pembangunan kedepan,” tandasnya. (aput)

HUT RI Ke 74 PDAM Tirta Benteng