DPC PDI Perjuangan Banyumas Bersama BPBD Gelar latihan Tanggap Bencana

oleh -
img 20210526 wa0047

NASIONALNEWS.ID, KABUPATEN BANYUMAS – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Banyumas menjalankan intruksi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) yaitu menggelar latihan tanggap bencana yang terangkum dalam Surat bernomor 2898/IN/DPP/V/2021. Surat tersebut ditujukan kepada seluruh Dewan Pimpinan Cabang se-Indonesia.

DPC PDI Perjuangan Banyumas menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) beserta masyarakat setempat. Pelatihan tersebut dilaksanakan di gedung Sekertariat DPC PDI Perjuangan Banyumas Provinsi Jawa Tengah, Rabu (26/05/2021).

Bendahara DPC Banyumas Sadewo Tri Lastiono dalam kesempatan tersebut menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti intruksi Ketua Umum DPP PDI Perjuangan kepada seluruh DPC se Indonesia.

“Negara kita sangat berpotensi untuk terjadi bencana,
sehingga penting untuk melatih diri sadar akan bencana yang potensi terjadi wilayah kita, khususnya gempa Bumi, kita bisa meminimalisir adanya dampak peristiwa suatu bencana,” katanya.

Sadewo juga menjelaskan, kegiatan tersebut juga bekerjasama dengan BPBD memberikan pelatihan teoritik,
serta simulasi tentang penanganan tanggap bencana, khusus gempa bumi.

Eri selaku Kabid Pencegahan dan Kesiagaan Badan Penanggulangan Bencana (BPBD Kabupaten Banyumas menambahkan, pihaknya memberikan materi penanganan serta evakuasi bencana alam.

“Terkait dengan proses pertolongan pertama saat gempa, proses evakuasi korban serta simulasi pengamanan dan evakuasi korban bencana.
Namun perlu disadari bahwa saat ini kita juga harus berfokus saat musim kemarau yang dikhawatirkan timbul bencana kebakaran hutan,” tutur Eri.

Eri juga menegaskan, pihaknya siap berkaborasi dengan semua elemen masyarakat terkait pencegahan bencana.

“Pada prinsipnya pihak BPBD Kabupaten Banyumas sangat siap untuk melakukan kolaborasi-kolaborasi dengan semua elemen masyarakat
guna berdiskusi terkait pencegahan dan penanggulangan bencana Alam,” tutur Eri.

Di tempat yang sama Sunu salah satu peserta merasa mendapatkan pengalaman dalam mengikuti pelatihan tanggap bencana yang di gelar DPC PDIP Banyumas.

“Ini sangat penting untuk mengedukasi masyarakat luas, khususnya dalam menangani sebuah bencana seperti ini
harus sering di lakukan di semua sektor bencana alam, terutama
untuk mengevakuasi diri sendiri, ketika terjadi peristiwa terutama bencana alam,” ujarnya.

Peserta pelatihan terdiri dari anggota Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDI Perjuangan Kabupaten Banyumas dan terlihat sangat antusias terhadap proses pelatihan yang berjalan sekitar 90 menit tersebut.

(Juna)

No More Posts Available.

No more pages to load.