Puskesmas Nabire Kota Gelar Sosialisasi Cegah Covid-19

oleh -
Screenshot 20200316 192707 Video Player

NASIONALNEWS.ID, NABIRE – Puskesmas Nabire Kota menggelar sosialisasi pencegahan penyebaran virus Corona (Covid 19), bertempat dihalaman Puskesmas Nabire Kota, Senin (16/3/2020) pagi.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan petugas Puskesmas Nabire Kota dengan melakukan pengecekan suhu tubuh, cara mencuci tangan yang baik dengan mengunakan cairan antiseptik atau sabun, cara pengunaan masker yang baik dan benar, serta etika ketika batuk.

“Kalau batuk harus menggunakan masker, dan jangan batuk di depan orang. Selain itu bisa juga mengunakan tisu, namun sekali pake langsung di buang jangan di simpan,” kata Kepala Puskesmas Nabire Kota, dr. Aan Budi Susanto.

Setiap orang wajib mencuci tangan setelah melakukan aktivitas pekerjaan, sebab Covid 19 bisa mati dengan cairan antiseptik atau sabun. “Kalau selesai bekerja sempatkan untuk mencuci tangan dengan sabun, minimal selama 20 detik,” ujarnya.

Lanjut Aan, salah satu gejala terkena covid 19 yakni panas, sehingga wajib dilakukan pemeriksaan suhu tubuh.

“Panas salah satu gejala dari covid 19 tapi setiap panas belum tentu positif covid 19, karena kita di Papua yang menyebabkan panas itu panyakit Malaria,” ujar Aan.

“Jika ada yang mengalami gejala tersebut maka seseorang tidak langsung di opname rawat nginap, tetapi akan dilakukan rawat jalan serta dikunjungi setiap hari sampai 14 hari, jika gejalanya semakin berat maka akan di rujuk ke rumah sakit,” sambungnya.

Perlu diketahui, bahwa RSUD Nabire sudah ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan. Sehingga tidak perlu dilakukan rujukan keluar Daerah. (TRM)