Mahasiswa KKN Tematik UIM Dampingi Penjahit Pamekasan dalam Pembuatan Songkok Batik Madura

oleh -
oleh
screenshot 20210820 102353 whatsapp compress20

NASIONALNEWS.ID, PAMEKASAN – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Islam Madura (UIM) kelompok 1 posko 19 melakukan pendampingan dalam pembuatan songkok batik Madura di Desa Plakpak, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan pada Rabu, (18/08) sampai Kamis, (19/08) kemarin.

Kegiatan ini berlangsung di dua tempat. Sesi pertama di MF Collection, Dusun Seccang, dan sesi kedua di Eka Collection, Dusun Blingih II. Pendampingan ini dimulai dari memperlihatkan video tutorial Pembuatan Songkok di YouTube kepada penjahit, dilanjutkan melakukan pemotongan bahan, serta bagaimana teknik penjahitan.

Koordinator KKN A. Hendra Purnomo menyampaikan, kegiatan ini bertujuan guna memberikan edukasi kepada para penjahit agar menumbuhkan minat pembuatan songkok yang menggunakan batik Madura, serta peningkatan usaha di desa tersebut.

“Songkok Batik Madura, kami rasa sangat cocok sekali untuk dikembangkan oleh masyarakat, apalagi oleh penjahit, selain songkok merupakan kebutuhan pokok masyarakat muslim, juga demi menjaga kelestarian batik Madura itu sendiri,” katanya, Jum’at (20/8/2021).

Bahan dasar pembuatan songkok batik ini, kata Hendra, menggunakan kain keras megalon, batik, benang dan bisa juga menggunakan bahan dasar spon karet, benang, batik serta karpet.

Hendra berharap, setelah kegiatan ini para penjahit berminat untuk mengembangkan produksi songkok batik Madura.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat, wabil khusus bagi penjahit agar dikembangkan di kemudian hari,” tegasnya.

“Untuk diketahui, setelah kegiatan ini, KKN Tematik UIM masih banyak target program kedepannya, diantaranya pelatihan Strategi Digital Marketing, pembuatan Website Toko Online dan lain-lain.

Reporter: Kholisin

No More Posts Available.

No more pages to load.