Menhub Serahkan Dua Kapal Ke PT Pelni Jelang Lebaran

oleh -
oleh

NASIONALNEWS.ID, SUMENEP – Kementerian Perhubungan (Menhub) menyerahkan dua kapal rede untuk operasional dan akan dikelola PT Pelni di Pelabuhan Kalianget Sumenep, Jawa Timur, Minggu (12/5/2019) kemarin. Penyerahan kapal bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang menggunakan kapal sebagai alat transportasi pada saat Lebaran 1440 H/2019.

Untuk diketahui, Kapal rede mempunyai kapasitas sebanyak 80 penumpang, dua mobil sedang dengan rata-rata muatan kendaraan 10 ton. Kapal tersebut juga mempunyai panjang keseluruhan 24,70 m, lebar 6,30 m dan tinggi 2,20 m.

“Kita tahu bahwa kebutuhan pergerakan pada saat mudik banyak sekali. Menurut laporan Pak Bupati, 350 ribu orang yang tinggal diluar dari Sumenep, oleh karenanya kita ingin mudik kali ini jauh lebih baik dari aspek keselamatan maupun kapasitasnya,” ujar Menhub Budi Karya Sumadi.

Lanjut Budi, pasca lebaran akan ada tambahan satu Kapal Roro yang dikelola oleh ASDP untuk menambah kapasitas penumpang.

Selain penyerahan dua Kapal Rede, Menhub bersama dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga melakukan ramp check dan menyapa penumpang Kapal Sabuk Nusantara 92 yang akan berangkat dari pelabuhan Kalianget.

Mereka berdua juga sempat mengunjungi ruang nakhoda dan memberikan semangat kepada pekerja kapal yang sedang mengangkut berang-barang logistik seperti sembako ke kapal.

Untuk antisipasi membludaknya jumlah penumpang di Pelabuhan Kalianget jelang Lebaran, Menhub mengusulkan kepada Pemerintah Daerah untuk menyiapkan tenda-tenda, yang nantinya akan digunakan sebagai tempat yang nyaman bagi penumpang untuk menunggu kedatangan kapal.

“Sebab pengalaman di daerah Samarinda, banyak penumpang yang tidak terangkut di kapal, memaksakan diri ikut naik. Dengan adanya tenda besar berkapasitas hingga 500 orang, mereka bisa menunggu jadwal kapal berikutnya di dalam tenda,” tutupnya. (Angga/Hms)

No More Posts Available.

No more pages to load.