Wapres Dorong Implementasi Desain Besar Olahraga Daerah

oleh -
Img 20200324 Wa0020

Redaksi Indonesia – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengungkapkan, pemerintah mengintensifkan upaya mencapai berbagai target dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Hal itu diungkapkan Wapres usai memimpin rapat pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang DBON Selasa (30/5/2023) di Istana Wapres, Jakarta.

“Oleh karena itu, rapat hari ini kita melakukan evaluasi berbagai hambatan yang ada, baik aspek-aspek kelembagaan dan juga aspek-aspek pembinaan. Juga koordinasi antar kementerian dan lembaga,” ujar Wapres.

“Tahun terakhir ini Alhamdulillah ada peningkatan prestasi. Khususnya di Sea Games kita melebihi target medali yang sudah ditentukan,” katanya.

Meski demikian, Wapres menjelaskan, Indonesia perlu menggencarkan olahraga agar populer di tingkat daerah. Yaitu, dengan implementasi Desain Besar Olahraga Daerah (DBOD), yang diakui masih belum berjalan merata di seluruh wilayah tanah air.

“termasuk DBOD itu Desain Besar Olahraga Daerah yang masih ada beberapa daerah yang perlu harus dikuatkan dan juga hal-hal lain yang memang menjadi perhatian kita,” ucapnya.

Menurut Wapres, pemerintah bercita-cita adanya “demam olahraga” hingga ke tingkat daerah yang diakomodir melalui DBOD. Sehingga, masyarakat akan secara aktif melakukan berbagai jenis olahraga di wilayah masing-masing.

“Itu kan dikaitkan dengan Kementerian Kesehatan dalam rangka Germas, Gerakan Masyarakat Sehat. Germas dengan Kementerian Olahraga bergabung dan dengan pemerintah daerah juga nanti akan ada gerakan-gerakan olahraga di daerah,” kata Wapres.

Menpora, Dito Ariotedjo mengatakan, guna membiasakan masyarakat dengan aktivitas olahraga yang diatur dalam DBON, akan diikuti dengan Permen. Yakni, Menteri Dalam Negeri yang mewajibkan pemerintah daerah menyelenggarakan festival olahraga.

“Dari sisi penyelenggaraan pemerintahan, dari pusat sudah tadi pak Mendagri akan mengeluarkan peraturan. Bahwa pemerintah daerah itu diwajibkan untuk mengadakan festival olahraga baik itu untuk pelajar dan masyarakat,” kata Menpora.

“Jadi, itu suatu kebijakan yang mungkin bisa kita lakukan. Dalam rangka mendorong budaya olahraga ini lebih semarak dari Sabang sampai Merauke,” ucapnya.

DBON yang disahkan pada 2021 melalui Peraturan Presiden Nomor 86, mengakomodir 17 cabang olahraga yang menjadi target. Sepak bola menjadi salah satu cabang yang menunjukkan peningkatan prestasi secara signifikan.

Yaitu, di mana tim nasional Garuda Muda, berhasil meraih medali emas pada Sea Games 2023 di Kamboja dan mencatat sejarah bagi Indonesia setelah 32 tahun pada even yang sama.

No More Posts Available.

No more pages to load.