Sudin Kehutanan Jakbar Tambah RTH di Gropet

oleh -

NASIONALNEWS.ID, JAKARTA – Suku Dinas Kehutanan Jakarta Barat kembali menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) atau taman interaktif. Hal tersebut guna menambah ruang bermain anak, yang berada tepi Jalan Tomang Raya, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Sabtu (07/12/2019).

Renovasi taman yang dikerjakan oleh petugas Suku Dinas Kehutanan Jakarta Barat tersebut untuk menambah ruang bermain bagi anak-anak di sekitar kawasan tersebut.

Kepala Suku Dinas Kehutanan Jakarta Barat, Firdaus Rasyid mengatakan, taman ini juga dilengkapi permainan Betawi tempo dulu seperti taplak, gerobak sodor, congklak, trompah, pletokan, engrang dan catur serta dam-dam an. Juga ada motor-motoran dari kayu dan mobil-mobilan dari klaher

“Taman yang memiliki luas sekitar 18 ribu meter persegi tersebut juga dilengkapi fasilitas seperti rumah pohon, ayunan,, ayunan jaring, jembatan, kolam ikan dan sarang burung untuk dijadikan spot berfoto,” ujar Firdaus, Senin (09/12/2019).

Selain itu taman tersebut juga dilengkapi dengan sebelas sumur resapan, yang berfungsi menampung air hujan yang melebihi kolam tampungan air hujan.

Sebelumnya lahan taman tersebut tidak dimanfaatkan. Menurut dia, pembuatan taman itu tidak menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), tetapi memanfaatkan hasil penopingan dan kebon bibit serta stek dari tanaman lain.

Permainan di taman tersebut juga mengajarkan pengunjung guna menjalin kekompakan dan solidaritas sehingga menghasilkan kreatifitas

“Kami juga berharap dengan ada permainan dan fasilitas itu bisa mencegah anak-anak selalu bermain gawai,” tandasnya. (BB)