Zaiful Bokhari Terima Kunjungan Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Lampung

oleh -
Img 20200421 001447

NASIONALNEWS.ID, LAMPUNG TIMUR – Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari menerima Kunjungan Lapangan Tim Gugus Tugas pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Lampung di Sekretariat Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lampung Timur, Senin (20/04/2020).

Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari menyampaikan, laporan terkait penanganan Covid-19 di Lampung Timur kepada ketua rombongan yakni Ketua DPRD Provinsi Lampung yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19, Mingrum Gumay.

Zaiful melaporkan, beberapa hal terkait dengan penanganan Covid-19 di Lampung Timur, ada beberapa langkah yang sudah dilakukan, ada beberapa hal yang akan dilaporkan secara langsung kepada ketua tim, yakni data jumlah orang dipantau sebanyak 5.805 orang, selesai dalam pemantauan 7.765 orang, ODP 40 orang, PDP 0 dan yang positif 0.

Masih kata Zaiful, terkait sistem penyelenggaraan Posko Gugus Tugas dapat dilaporkan sebagai berikut, sesuai dengan arahan Pemerintah Pusat dan Bapak Gubernur dalam rangka pencegahan dan penanganan Covid-19, Lampung Timur bekerjasama dengan Forkopimda hingga dengan saat ini telah terbangun 10 posko perbatasan di wilayah dan juga sejumlah posko yang ada di pasar daerah dan di pasar desa.

Terkait dengan kesediaan SDM Sarpras dan juga penunjang diagnosis di Rumah Sakit Umum Daerah Sukadana, bahwa telah tersedia 16 dokter spesialis, 13 dokter umum, 42 perawat dan sarpras lainnya. Saat ini untuk ruang ICU belum tersedia baik dengan ventilator maupun tanpa ventilator di karenakan peralatan ventilator dalam pemesanan.

Pada momen tersebut pria yang akrab disapa Bang Ipul ini juga menyampaikan, bahwa Pemerintah Lampung Timur juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait penggunaan masker.

“Alhamdulillah berdasarkan pemantauan kami masyarakat kita sudah banyak yang menyadari penggunaan dari masker ini sangat penting dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona ini,” ujar Zaiful.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Zaiful juga menyampaikan bahwa total alokasi dana desa yang digunakan untuk penanganan Covid 19 di Lampung Timur sebanyak 9,67 milyar, atau rata-rata 3% dari total dana desa di masing-masing desa.

Diitempat yang sama, usai acara, ketua DPRD Provinsi Lampung, Mingrum Gumay, menyampaikan, bahwa kedatangannya beserta rombongan ke Lampung Timur kali ini untuk melihat sejauh mana upaya pemerintah dalam menangani permasalahan terkait Covid 19 ini.

“Hari ini kita melakukan koordinasi dan kunjungan kerja kepada gugus tugas Covid-19 Kabupaten Lampung Timur, jadi kita ingin melihat apa yang sudah dilaksanakan dan hambatan-hambatan apa yang terjadi dan kedepannya seperti apa disini, kami juga ingin mendorong penggunaan Balai Desa di Lampung Timur ini yang terdiri dari 24 Kecamatan dan ratusan desa itu bisa dijadikan posko yang nantinya di bawah koordinasi bapak kepala desa, melibatkan RT, RW, Karang Taruna dan Rismanya itu semua bisa, serta bisa juga menggunakan anggaran Desa sekian persennya yang dialokasikan ke Covid 19 ini, yang penting dia terukur, terarah dan tepat administrasinya serta bisa dipertanggungjawabkan itu prinsipnya,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Gugus Tugas Covid-19, Provinsi Lampung itu.

Dalam acara tersebut, selain penyampaian laporan dilakukan pula penyerahan masker dari Provinsi kepada Kabupaten Lampung Timur.

Usai acara, kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan oleh rombongan Gugus Tugas dari Provinsi ke RSUD Sukadana, tempat ruang isolasi, dan dilanjutkan meninjau pasar Sukadana dalam rangka mengecek harga sembako dan Pos Gugus Tugas Covid-19, serta Pos Gugus Tugas yang ada di Kecamatan Way Bungur. (Awi)