38 SDN di Lamongan dapat Suntikan Dana dari DAK Anggaran 2023

oleh -
img 20230331 171517
Kadis Pendidikan Lamongan Munif Syarif saat dikonfirmasi wartawan di ruangannya

NASIONALNEWS.ID, LAMONGAN – Sebanyak 38 Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Lamongan mendapatkan dana suntikan sebesar RP 22,6 miliar dan SMPN-SWASTA sebesar Rp 13 Miliar, untuk rehab ringan hingga rehab berat dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Anggaran tahun 2023.

Kadis Pendidikan Lamongan Munif Syarif menyampaikan, alokasi anggaran untuk masing-masing lembaga tidak sama, dikarenakan menyesuaikan dengan jenis kegiatan, ada dua kegiatan dalam satu lembaga, sehingga nilainya bisa bervariasi tergantung keadaan pengajuan rehab.

‘’Kurang lebih pelaksanaan dana DAK akan di lakukan mulai bulan April hingga bulan Mei untuk pelaksanaan,” tuturnya, Kamis (30/3/2023).

Lanjut Munif, untuk rehab sedang dan berat jenis kegiatannya cukup banyak. Di antaranya membangun ruang kelas baru dan beberapa kegiatan sarana prasarana penunjang lain. Untuk DAK Non Fisik (TIK) sebesar 1,2 M untuk 11 lembaga. Sementara untuk 9 lembaga terdiri dari 6 SMP Negeri dan 3 SMP Swasta juga dianggarkan dalam DAK sebesar 13 Miliar.

Dari adanya DAK tersebut, tujuannya agar siswa semakin nyaman ketika belajar. Untuk itu perlu di imbangi dengan sarpras yang layak. Selain itu, untuk nilainya tidak besar, tapi minimal bisa membantu lembaga dalam melakukan perbaikan fasilitas di sekolahnya.

Munif menambahkan, dengan sarpras yang lebih baik, dapat meningkatkan minat belajar siswa. ‘’Untuk sarpras kita terus lakukan perbaikan lembaga, agar pendidikan di Lamongan semakin baik,” ucapnya.

Menurutnya, Dana alokasi khusus (DAK) ini masih seperti tahun lalu pengerjaannya dilakukan secara swakelola.

‘’Intinya kita berkolaborasi untuk memberikan fasilitas pendidikan yang layak dan nyaman, tahun ini pengerjaan masih sama seperti tahun lalu masih di kerjakan secara swakelola,” terangnya.

Sholichan/Nifta

No More Posts Available.

No more pages to load.