Sachrudin Minta LPM Kawal Program Pemkot Tangerang

oleh -
Program Pemkot Tangerang
Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin saat memberikan sambutan dirapat Peningkatan Kelembagaan, Senin (

NASIONALNEWS.ID, KOTA TANGERANG – Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin meminta Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dapat mengawasi dan mengawal program Pemkot Tangerang.

Hal itu diungkapkan Sachrudin  saat membuka acara rapat Koordinasi penguatan kelembagaan di Gedung Serba Guna MUI Kota Tangerang, Selasa (16/7/2019) kemarin.

Bahkan kata dia, LPM adalah organisasi dan fasilitator yang berguna untuk masyarakat dan sebagai mitra pemerintah harus dapat berperan aktif mengawasi pembangunan di Kota Tangerang.

“Salah satu tugas organisasi LPM dapat berperan dalam kegiatan Musrenbang Kelurahan. LPM organisasi yang sudah lama ada di masyarakat, tak hanya melakukan perencanaan. Namun juga ikut melaksanakan dan mengawal program Pemkot Tangerang. Tapi ingat, harus sejalan dengan program Pemkot,” terang Sachrudin kepada peserta rapat yang dihadiri oleh ketua LPM Kelurahan, Kecamatan dan DPD Kota Tangerang.

Sachrudin menambahkan, apabila program di wilayah selaras dan sejalan dengan arah kebijakan pemkot, maka kesejahteraan masyarakat akan terwujud.

“Ini sekaligus membuktikan bahwa LPM adalah lembaga yang diakui masyarakat,” ujarnya.

Lebih dalam ia mengatakan, organisasi LPM harus bisa berguna untuk masyarakat dari tingkat RT RW, Kelurahan, Kecamatan sampai tingkat kota. Berdayakan setiap potensi yang ada diwilayah.

Sachrudin juga berpesanagar setiap anggota LPM tidak bertindak atau berlaku arogan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai fasilitator. Mediator, motivator dan dinamisator

“Lewat penguatan lembaga ini, masyarakat diharapkan punya kelebihan daya saing dan partisipasinya tinggi. Bukan hanya membenahi diri sendiri, tapi juga keluarga dan lingkungan. Jadi ayo LPM berkarya dan berjuang, mudah-mudahan apa yang kita lakukan dapat dirasakan oleh masyarakat,” ungkapnya.

Sementara, Kabag Kestra Kota Tangerang, Felix Mulyawan mengatakan, bahwa fungsi LPM tak hanya berfokus untum mencapai pembangunan fisik di wilayah. Namun, juga untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM).

“Jadi kita lakukan dengan pembinaan kelembagaan, ketika lembaganya kuat otomatis partisipasi masyarakat dalam pembangunan sudah pasti meningkat,” tandas Felix. (red)

No More Posts Available.

No more pages to load.