Yohanis Aris Pakombong Optimis Duduki Jabatan Wabup Nabire

oleh -361 views

NASIONALNEWS.ID, NABIRE – Menjelang Pemilihan Kepala Daedah (Pilkada) Kabupaten Nabire 2020 mendatang, Yohanis Aris Pakombong merapat ke Sekertariat PDI Perjuangan guna mendaftarkan diri sebagai bakal calon (balon) Wakil Bupati (Wabup) Nabire, Senin (16/9/2019).

“Saya yakin rakyat akan memilih saya. Saya juga berharap agar di pinang oleh Bakal Calon (balon) Bupati Nabire yang berintegritas dan berkomitmen,” ujarnya dihadapan awak media.

Yohanis Aris Pakombong menyampaikan, dirinya memiliki sebuah impian yakni membangun Kabupaten Nabire yang beriman dengan motto “Bersih Indah dan Mandiri”.

“Dalam hal kebersihan kota, saya ingin untuk lebih meningkatkan kebersihan sekaligus menata Kota Nabire lebih indah, agar Kabupaten Nabire bisa menjadi contoh Kota Bersih dan indah di Papua pada umumnya. Sebab karakter seorang pemimpin yang baik dan handal bisa diukur dari segi kebersihan dan penataan kota yang baik dan indah,” terang Yohanis.

Lanjut Pakombong, dirinya juga ingin menjadikan Kabupaten Nabire yang mandiri lewat potensi daerah yang ada. Baik Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusianya (SDM).

“Saya ingin mengelola managemen usaha lewat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan menata sistem yang ada guna menjadikan Nabire yang mandiri, karena Kabupaten Nabire di kenal dengan hasil alam yang melimpah serta lahan pertanian yang cukup luas dan peluang usaha ternak yang sangat besar, bahkan hasil laut yang sangat melimpah,” imbuhnya.

Menurutnya, dengan menata lebih baik hasil potensi sumber daya alam yang ada, dirinya yakin Nabire mampu untuk mandiri, sekaligus untuk membuka peluang kerja dan usaha khususnya bagi masyarakat dan seluruh warga Nabire pada umumnya, sehingga Nabire tidak terlalu bergantung kepada dana dari Pemerintah Pusat.

“Demi menciptakan keberhasilan dalam pembangunan daerah serta pengelolaan SDM yang baik di Kabupaten Nabire, tentunya saya berharap dan menginginkan seorang figur bakal calon Bupati Nabire yang bersinergi dengan visi dan misi saya untuk membangun kota Nabire yang kita cintai ini,” harapnya.

Untuk diketahui, Bakal Calon Wakil Bupati Kabupaten Nabire Yohanis Aris Pakombong lahir di Tanah Toraja pada 19 Januari 1969. Pada tahun 1970 bersama Ibu (Alm) datang ke Kabupaten Nabire untuk bertemu Bapak Markus S Pakombong (Alm) yang sebelumya sudah datang di Nabire. Orang Tua Kandung dari Yohanis Aris Pakombong pernah menjabat Camat (sekarang disebut Kepala Distrik) di Wilayah Napan, Sinak dan Topo Uwapa.

Sedangkan riwayat pendidikannya, Yohanis Aris Pakombong memulainya sejak dari Taman Kanak- Kanak (TK), SD, SMP, SMA semuanya di Nabire, S1 STIE OTTO GEISER Jayapura Angkatan 1993, S2 UNHAS Makasar Angkatan 2003.

Kemudian, Yohanis Aris Pakombong juga pernah menjabat sebagai Kepala SUB Pengendalian Program pada Bagian Pengendalian Program Sekda Kabupaten Nabire. Bidang Pengendalian Program BAPPEDA Kabupaten Nabire, Pemeriksa Pembantu pada BAWASDA (Inspektorat) Kabupaten Nabire, Kepala Bidang Perlindungan Konsumen Disperindagkop Kabupaten Nabire, Sekretaris Pengelolaan dan Aset Daerah BPKAD Kabupaten Deyai, Sekretaris Dinas Pendapatan Kabupaten Deyai, Kepala Dinas Pendapatan Kabupaten Paniai, Kepala Badan BPKAD Kabupaten Dogiyai, Anggota Gapensi 1993, Wakil Ketua Ikatan Keluarga Rantau PAU, Wakil Ketua Ikatan Keluarga Talu Lembangna, dan Penasehat Ikatan Keluarga Tikala. (Yeri Tarima/Angga)