5 Tips Tetap Hemat di Akhir Bulan yang Bisa Kamu Coba

oleh -
oleh
blibli

NASIONALNEWS.ID – Beberapa kebiasaan atau tindakan yang Anda lakukan karena Anda pikir itu sepele nyatanya bisa mempengaruhi kondisi keuangan Anda di akhir bulan. Tidak mengherankan jika sering muncul keluhan tentang kondisi dompet yang sudah kerontang setiap akhir bulan.

Untuk menghindari kondisi ini, Anda bisa coba mempraktikkan tips untuk menghemat uang Anda agar bisa bertahan hingga akhir bulan. Salah satunya adalah dengan mencari promo diskon atau kupon potongan harga di marketplace kepercayaan Anda.

Blibli, sebagai salah satu e-commerce paling terpercaya di Indonesia juga menyediakan berbagai promo menarik dan berbagai barang kebutuhan Anda dengan harga diskon. Selain itu, Anda juga bisa makin berhemat dengan fitur gratis ongkos kirim yang ditawarkan.

Cara Tetap Hemat Walau di Tanggal Tua
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghemat pengeluaran agar tetap bisa hidup santai meskipun sudah mendekati akhir bulan atau Tanggal tua. Berikut adalah beberapa tips hemat di akhir bulan yang cukup ampuh untuk Anda praktekkan dalam memanajemen gaji Anda.

5 Tips Hemat di Tanggal Tua

1. Mencatat Semua Pengeluaran
Ini adalah trik pertama untuk hemat keuangan hingga akhir bulan. Hal ini sangat fundamental untuk mengetahui pos pengeluaran mana sajakah yang menguras isi dompet Anda.
Dengan mempraktekkan tips berikut, Anda bisa lebih bijak saat mengatur dana untuk masing-masing pos dan menentukan pos pengeluaran mana yang kekurangan atau kelebihan dana. Hanya saja, Anda harus benar-benar disiplin saat mencatat setiap pengeluaran Anda, sekecil apa pun itu.

2. Prioritaskan Bayar Tagihan
Ini adalah tips keuangan yang paling penting untuk Anda praktekkan di awal bulan agar tidak sampai terlambat membayar tagihan dan berujung harus membayar nominal tagihan beserta dendanya.
Selain menghindari risiko telat bayar, memprioritaskan untuk membayar tagihan begitu gaji sudah masuk membuat Anda bisa mengetahui dengan jelas nominal pemasukan bersih yang bisa Anda alokasikan untuk membiayai tiap-tiap pos pengeluaran Anda. Pertimbangkan juga untuk menggunakan fitur autodebet bulanan untuk tiap tagihan yang Anda miliki.

3. Menghemat Air dan Listrik
Mematikan lampu di ruangan yang tidak digunakan atau dihuni, mematikan air segera setelah selesai dipakai, hingga mencabut kabel perkakas listrik dari stop kontak ketika tidak lagi digunakan bukanlah sekadar omelan kosong dari ibu Anda.
Tindakan-tindakan untuk menghemat pemakaian listrik dan air di atas adalah salah satu langkah untuk memangkas dana yang harus Anda keluarkan untuk pos listrik. Selain itu, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengganti bola lampu neon di rumah Anda dengan bola lampu LED.
Selain membuat lingkungan menjadi lebih baik karena mengurangi emisi karbon, lampu LED dapat menghemat energi sebanyak 20 hingga 50 persen dibandingkan lampu neon. Hal ini, tentu, membawa pengaruh besar pada pengeluaran untuk membayar tagihan listrik rumah Anda.

4. Membuat Daftar Belanjaan
Pernahkah Anda pergi ke sebuah supermarket atau minimarket untuk membeli barang tertentu, tetapi pulang dengan membawa sekantong belanjaan yang isinya penuh dengan barang-barang yang sebelumnya bahkan tidak Anda pikirkan?
Itulah yang terjadi jika Anda pergi belanja tanpa mempersiapkan daftar belanjaan atau daftar barang yang ingin dibeli terlebih dahulu. Tindakan membeli barang secara impulsif karena tidak punya daftar belanjaan ini tidak hanya mengganggu pos pengeluaran Anda yang lain, tetapi juga akan membuat Anda bokek di akhir bulan.

5. Mencari Promo atau Diskon
Alternatif terakhir yang bisa dilakukan agar bisa menghemat isi dompet hingga akhir bulan adalah dengan rajin mencari barang diskon di pasaran. Anda bisa mencari informasi mengenai diskon barang atau kupon potongan harga di website tertentu atau mencari langsung di e-commerce kepercayaan Anda.

No More Posts Available.

No more pages to load.