Bakrie Amanah Goes To Campus, Memberi Literasi Mahasiswa tentang Zakat dan Profesi Amil Zakat

oleh -
img 20231026 wa0119

NASIONALNEWS.ID, SUMEDANG – Dua kegiatan digelar Bakrie Amanah pekan ini. Yakni, “Zakat Goes To Campus Chapter Jawa Barat” dan “Bakrie Amanah Goes To Campus (BAGTC)”. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Gedung B Lt. 3 Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik (FISIP) Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung.

Bakrie Amanah Goes To Campus merupakan program yang di inisiasi oleh LAZNAS Bakrie Amanah sebagai bentuk ikhtiar agar generasi muda khususnya kalangan Mahasiswa dapat mengenal dan paham mengenai potensi gerakan zakat di Indonesia. Dengan ini, harapannya potensi zakat yang begitu luar biasa dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh MC, tilawah dari salah satu peserta Sharing Session, dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Zakat. Kemudian dilanjutkan dengan sesi sambutan.

Sambutan pertama disampaikan oleh Setiadi Ihsan, S.Si, M.Si, Direktur LAZNAS Bakrie Amanah. ihsan menyampaikan beberapa point program yang bisa dikerjasamakan antara lembaga zakat dengan universitas dalam hal magang di lembaga sosial.

“Ada beberapa core program yang pernah dikerjasamakan dengan UNPAD, salah satunya program magang di beberapa posisi di departemen di Bakrie Amanah. Yang sebelumnya memang belum terikat kerjasamanya,” ucap ihsan

Dalam sesi sambutan pertama, Kepala Program Studi Kesejahteraan Sosial, Dr. Rudi Saprudin Darwis, M.Si yang menyampaikan tentang hubungan antara lembaga akademik seperti universitas dengan lembaga zakat atau lembaga sosial terkait kebutuhan SDM di lembaga tersebut

“Ada korelasi antara akademik dengan profesi Amil yang sangat dibutuhkan setiap lembaga zakat maupun lainnya, maka dari itu profesi dapat dinilai mulai dari tanggung jawab amil di lembaga tersebut,” ujar Rudi.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Dekan FISIP Unpad, Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata menyampaikan tentang manfaat program magang untuk mahasiswa.

“Program magang dapat selain untuk memenuhi laporan untuk kampus juga dapat memberikan manfaat secara langsung untuk masyarakat, ” ungkap Widya

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan Penandatangan Kerjasama antara LAZNAS Bakrie Amanah dengan Unpad. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Setiadi Ihsan, S.Si, M.Si.

Dalam sesi penyampaian materi, Setiadi Ihsan menyampaikan bahwa Amil Zakat adalah sebuah profesi yang penting disebutkan dalam Al-Qur’an, karena pentingnya Amil Zakat sehingga para pengelola atau pengurus Lembaga Amil Zakat diharapkan dapat melaksanakan amanah ini dengan baik, agar umat yang membutuhkan merasakan manfaat dari dana umat. Setiadi juga mengungkapkan bahwa potensi zakat dalam memberdayakan umat sangat besar sehingga perlu dikelola dengan baik dan profesional.

Lebih dari 137 peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Kesejahteraan Sosial (KESOS) FISIP Unpad mengikuti kegiatan BAGTC dan terlibat aktif dalam diskusi mengenai Amil Zakat Sebagai Profesi. Harapannya semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan mengenai perkembangan zakat di indonesia, zakat sebagai soko ekonomi umat, profesionalitas amil dan lembaga amil zakat.

No More Posts Available.

No more pages to load.