H+7 Polsek Paciran Bersama Forkopimda Laksanakan Tradisi Kupatan di Tanjung Kodok

oleh -
img 20240417 wa0126
Foto: Bagian kiri Kapolsek Paciran bersama Forkopimda di Tanjung Kodok saat bembukaan festival ketupatan (Istw)

NASIONALNEWS.ID, LAMONGAN – Polsek Paciran bersama Forkopimda giat laksanakan Festival Ketupatan tradisi lokal masyarakat pesisir pantura Lamongan, yakni kenduri ketupat di kawasan pantai Tanjung Kodok Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur, Rabu (17/4/2024).

Acara yang diselenggarakan pada H+7 Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Festival Kupatan itu ditetapkan sebagai agenda tahunan yang melibatkan masyarakat di pantura, perwakilan dari 17 desa di Kecamatan Paciran.

Pada lebaran ketupat, mereka melakukan kebiasaan mengunjungi sanak famili, mendatangi tempat bersejarah di Makam Sunan Drajat dan Sunan Sendang Dhuwur dan lainnya.

Puncaknya, menjelang siang berkumpul di Tanjung Kodok dengan membawa bekal kupat dan lepet. Di Tanjung Kodok itu juga, Sunan Drajat dan Sunan Sendang Dhuwur menjamu utusan Mbok Rondo Mantingan dengan kupat dan lepet.

Kapolsek Paciran Achmad Purnomo S.H., menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Kami dari sektor Paciran mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Lamongan dengan adanya kegiatan tradisi festival kupatan, yang diselenggarakan pada hari ini di area Tanjung Kodok, Kecamatan Paciran, berjalan lancar aman dan kondusif,” tuturnya.

Sholic/Nifta

No More Posts Available.

No more pages to load.