Pelepasan Kiswah Babussalam untuk Sukseskan Gerakan Nasional Wakaf Uang

oleh -
img 20210311 214009

NASIONALNEWS.ID, JAKARTA – Kebijakan strategis Presiden Joko Widodo (Jokowi) berupa Gerakan Nasional Wakaf Uang, patut diapresiasi. Begitu juga rencana Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin membuat terobosan nasional pengumpulan wakaf tunai melalui edukasi yang benar, perlu mendapat dukungan semua pihak.

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Indrawati mencatat potensi wakaf secara nasional sebesar Rp 217 triliun. Hebatnya, potensi itu hanya dari 74 juta penduduk Kelas Menengah saja. Artinya belum menyentuh masyarakat Kelas Atas, yang berjumlah 3,1 juta orang.

Jika masyarakat Kelas Atas tergugah, ikut mendorong Gerakan Nasional Wakaf Uang, tentu, angkanya akan lebih dahsyat lagi. Maka, diperlukan terobosan nasional pengumpulan wakaf tunai ini, khususnya di masyarakat ‘Kelas Atas’.

“Hari ini, kita mulai dengan pelepasan Kiswah Babussalam, di mana sebagian maharnya disalurkan untuk mensukseskan Gerakan Nasional Wakaf Uang. Selanjutnya kita gelar edukasi, baik berbentuk brosur, halaqah, seminar, bahtsul masail sampai asas manfaat wakaf yang, sehingga gerakan Wakaf Uang ini, benar-benar bisa memperkuat sistem keuangan nasional kita,”ujarnya.

Pelepasan Kiswah Babussalam

Seperti kita pahami bersama, Kiswah Ka’bah ini merupakan salah satu bagian Ka’bah yang memiliki sejarah tersendiri. Secara bahasa, Kiswah atau Kuswah berasal dari kata yang bermakna al-Libas atau pakaian, penutup. Kiswah adalah penutup Ka’bah atau Kiswah Babussalam yang terbuat dari bahan sutera murni.

Kain Kiswah terdiri dari lima potong. Empat potong untuk ke empat sisi Ka’bah. Satu lagi untuk menutupi pintunya. Sepertiga bagian atas bertuliskan ayat-ayat Al-Qur’an.

Mengacu pada fungsinya, di samping memperindah Ka’bah, penggunaan Kiswah bertujuan untuk melindungi dinding Ka’bah dari kotoran, debu, serta panas yang dapat merusak dinding Ka’bah.

Dari sini, keberadaan Kiswah menjadi sangat penting. Dan, umat Islam, tentu, ingin menjadi bagian yang memilikinya. Apalagi sebagian dari mahar pelepasan Kiswah Babussalam hari ini adalah untuk mensukseskan Gerakan Nasional Wakaf Uang.

Spesifikasi Kiswah

Kiswah Babussalam ini tinggi 6,5 meter dengan lebar 3 meter, berat kurang lebih 57 Kg. Selain itu ada kiswah kain (hitam) secara utuh. Kiswah ini disertai sertifikat pelepasannya tahun 1431 Hijriyah atau 2010 Masehi. (red)