Ribuan Lansia Warga Kecamatan Batuceper Divaksin Covid-19 Dosis Pertama

oleh -
kecamatan batuceper

NASIONALNEWS.ID KOTA TANGERANG – Ribuan warga lanjut usia (Lansia) Kecamatan Batuceper mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama. Kegiatan itu dilaksanakan di Puskesmas Poris Gaga Lama dan di halaman Kecamatan Batuceper Kota Tangerang.

Camat Batuceper, Rahmat Hendrawijaya mengatakan, bahwa pemberian vaksin dosis pertama untuk Lansia merupakan program pemerintah, untuk mengatasi pandemi Covid-19. Kecamatan Batuceper menargetkan 1400 Lansia mendapatkan vaksin Covid-19.

“Ini program pemerintah dalam mengatasi pandemi Covid-19 dan Lansia diprioritaskan karena rentan terpapar virus Corona. Kita menargetkan sebanyak 1400 Lansia untuk divaksin,” ungkap Rahmat kepada Nasional News di kantornya, Jumat (12/3/2021).

kecamatan batuceper

Rahmat menjelaskan, kegiatan pemberian vaksin untuk Lansia warga dilakukan di dua tempat berbeda, yaitu Puskesmas Poris Gaga Lama dan Puskesmas Batuceper yang dialihkan ke Halaman Kecamatan Batuceper karena tempatnya tidak memadai dan menghindari kerumunan.

“Vaksinasi Covid-19 menerapkan protokol kesehatan, kita gelar di Puskesmas Poris Gaga Lama dan di halaman Kecamatan Batuceper menggunakan tenda,” pungkasnya.

kecamatan batuceper

Sebelumnya, Kepala Puskesmas Poris Gaga Lama, dokter Apriliana Mardianti mengatakan, dalam kegiatan vaksinasi lebih memperioritaskan Lansia, karena lansia dianggap lebih membutuhkan dan lebih rentan terkena terpapar Covid-19.

“Lansia itukan sering kali terpapar karena Covid -19 nya dibawa oleh keluarga yang usianya lebih muda, karena lansia daya tahan tubuhnya sudah kurang, jadi sangat rentan terkena Covid -19, Kitakan sayang lansia, kota Tangerangkan termasuk Kota ramah lansia,” terang Apriliana kepada Nasional News di halaman Puskesmas Poris Gaga Lama, Kamis (11/3/2021).

kecamatan batuceper

Apriliana menerangkan, bahwa target vaksinasi sejumlah 600 orang di bagi tiga hari, dengan jumlah perharinya 200 orang setiap kelurahan.

“Karena vaksinnya masih terbatas maka perkelurahan kita vaksin 200 orang terlebih dahulu, yang terdiri dari warga Poris Gaga Lama, Poris Gaga Baru, Poris Jaya setelah itu baru kita evaluasi lagi ada berapa yang belum divaksin,” tuturnya.

Dijelaskannya, dalam kegiatan mengerahkan 29 petugas tenaga kesehatan (Nakes) yang secara keseluruhan berasal dari Puskesmas Poris Gaga Lama yang bantu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang.

“Yang bertugas hari ini ada 29 orang, termasuk Kapus dan KTU, 6 dokter, perawat, bidan farmasi, juga ada bagian kebersihan dan kita juga di bantu Satpol PP,” terangnya.

kecamatan batuceper puskesmas poris gaga

Dalam penyampaian undangan vaksinasi yang dilaksanakan Kader posyandu, banyak masyarakat antusias untuk divaksin namun ada beberapa yang menolak.

“Mereka antusias, ada juga sih yang menolak di kelurahan berbeda dengan alasan takut atau mereka merasa tidak ke mana-mana di rumah saja,” ujarnya.

April menargetkan vaksinasi Covid-19 untuk Lansia dapat diselesaikan sebelum bulan suci Ramadhan.

“kenapa meski tanggal merah tetap kita kejar, jeda pemaksinan lansiakan 28 hari dosis pertama, jadi kita targetkan jangan sampai pelaksanaan di bulan suci ramadhan, karena ada pemahaman ketika sedang puasa tidak boleh di vaksin, apalagi di bulan Ramadhan Lansia lebih memilih fokus ibadah,” tandasnya. (Adv)