Satpol PP Tertibkan Puluhan Lapak PKL Kali Sipon

oleh -
oleh
Penertiban PKL
Kabid Tibum Satpol PP Kota Tangerang, A Ghufron Falfeli pimpin penertiban lapak PKL Kali Sipon, Senin (27/5) poto: ist/nasionalnews.id/kota tangerang.

NASIONALNEWS.ID, KOTA TANGERANG – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tangerang Bidang Tibum melakukan penertiban terhadap puluhan lapak pedagan kaki lima (PKL), di bantaran Kali Sipon, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Senin (27/5/2019).

Penertiban yang melibatkan satu Peleton pasukan reguler dan satu regu tim Alap-alap tersebut, menyita sejumlah peralatan yang digunakan untuk para PKL berjualan, diantaranya meja, kursi dan terpal.

Kabid Tibum pada Satpol PP Kota Tangerang, A Ghufron Falfeli mengatakan, bahwa penataan dan penertiban tersebut merupakan tindak lanjut dari laporan masyarakat yang resah dan terganggu dengan adanya pasar yang beberapa waktu lalu telah ditertibkan.

“Banyak masyarakat yang mengeluhkan kondisi pasar kaget itu, karena sering kali membuat macet dan semrawut, terlebih dipagi hari saat aktifitas sedang padat,” terang Ghufron kepada wartawan.

Ghufron menambahkan, penataan dan penertiban tersebut diharapkan dapat mengembalikan kenyamanan bagi masyarakat yang selama ini dirampas haknya oleh para PKL yang tidak sedikit menggunakan badan jalan untuk menjajakan dagangannya.

“Mereka mengabaikan hak masyarakat lainnya, sehingga kami merasa perlu untuk melakukan penataan dan tindakan tegas kepada mereka yang melanggar,” ujarnya.

Lebih dalam Ia mengatakan, bahwa pihaknya akan terus melakukan serangkaian penataan dan penertiban bagi PKL untuk menciptakan kenyamanan dan ketertiban bagi masyarakat, sehingga konsep tangerang LIVE yang selama ini digaungkan dapat berjalan dengan optimal.

“Bentuk pelayanan yang dapat kami berikan kepada masyarakat adalah kenyaman, untuk itu kami tidak akan pernah lelah melakukan serangkaian penataan dan penertiban, terlebih jelang lebaran yang dimana akan ada banyak pasar tumpah,” tegasnya.

Sementara, Kartono Warga sekitar yang berhasil ditemui wartawan mengapresiasi kegiatan penataan yang dilakukan Satpol PP Kota Tangerang yang telah mengembalikan kenyamanannya.

“Ini biasanya macet banget, apalagi kalau pagi. Mudah-mudahan setelah ditertibkan udah ngha macet lagi,” kata Kartono.

Awalnya ia menduga para PKL yang biasa mangkal di lokasi tersebut membayar sejumlah uang kepada para penegak perda agar aman berjualan tanpa harus khawatir ditertibkan.

“Tadinya saya pikir mereka bayar sama petugas biar ngga digaruk, tapi setelah ditertibkan begini saya malah berfikir ada oknum yang mencatut lembaga pemerintahan,” ungkap Kartono.

Meski demkikian, ia berharap pemerintah dapat menindaklanjuti kegiatan penataan dan penertiban yang dilakukan hari ini, sehingga kedepan tidak lagi ada PKL yang berani menjajakan dagangannya disekitar lokasi tersebut.

“Ya tolong dipikirin agar mereka tidak lagi kembali berjualan disini, karna selain macet dan kumuh kondisi disini juga jadi semakin semrawut,” harap Kartono. (aput)

No More Posts Available.

No more pages to load.