Gubernur Bengkulu Ziarah ke Makam Ibu Fatmawati

oleh -819 views

NASIONALNEWS.ID, JAKARTA – Dalam rangka menyambut HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, Gubernur Provinsi Bengkulu, DR. H. Rohidin Mersyah dan jajarannya, bersama Yayasan Fatmawati melaksanakan ziarah ke Makam Pahlawan Nasional Ibu Fatmawati selaku penjahit Bendera Pusaka Merah Putih di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta Pusat, Selasa (13/08/2019).

Pelaksanaan kegiatan ini juga dihadiri oleh Putri Pasangan Presiden Pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno dan Ibu Fatmawati, Sukmawati Soekarnoputri beserta kerabat, Badan Musyawarah Masyarakat Provinsi Bengkulu yang berada di Jakarta dan perwakilan dari beberapa Instansi Pemerintahan, salah satunya adalah Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya Direktorat Jenderal Polpum Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia yang diwakili oleh Dra. Elly Yuniarti, MM.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, Sejarah telah mencatat peran Ibu Agung Fatmawati terhadap berdirinya Bangsa ini, Bangsa yang kita cintai bersama yaitu Bangsa Indonesia, maka sudah sepantasnya kalau kita melakukan ziarah sebagai bentuk penghormatan dan kecintaan terhadap putri kebanggaan Masyarakat Provinsi Bengkulu ini.

“Ziarah ini juga sebagai etika adat dalam rangka pembangunan monumen Fatmawati yang saat ini sedang berjalan proses pembangunannya yang terletak di simpang lima Kota Bengkulu, berjarak beberapa meter dari rumah kediaman Fatmawati,” ujarnya.

Rohidin juga menambahkan, dirinya berencana meluruskan sejarah mengenai lokasi tempat tinggal keluarga Fatmawati, dengan melakukan secara baik pendekatan koordinasi kepada pengambil keputusan maupun jalur secara politik.

“Ini sudah menjadi cita-cita saya sebagai pucuk pimpinan di Provinsi Bengkulu, tidak ada maksud apa-apa, saya hanya menginginkan agar generasi yang akan datang mendapatkan fakta sejarah yang benar,” jelasnya.

Sementara itu, wajah haru tampak dari raut wajah Sukmawati Soekarnoputri, sambil menahan isak tangis. Sukmawati menyampaikan, atas nama keluarga Soekarno dan Ibu Fatmawati, dirinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Bengkulu beserta masyarakat dan pihak yang menyelenggarakan ziarah bersama ini.

“Selama ini kami sangat sedih saat berziarah kemakam orang tuanya di karenakan sangat berjauhan, makam Ibu Fatmawati di Jakarta, sedangkan makam Bung Karno ada di Blitar Jawa Timur,” ungkapnya.

Untuk itu dirinya meminta dukungan kepada semua pihak-pihak terkait dan berharap agar makam Bung Karno dan Ibu Fatmawati dapat berdampingan dalam satu kawasan pemakaman. (srj/bb)

HUT RI Ke 74 PDAM Tirta Benteng