Polres Nabire Gelar Talk Show Binmas Noken Polri

oleh -306 views
Binmas Noken Polri
Polres Nabire Gelar Talk Show Binmas Noken Polri, Selasa (6/8) poto: ist/nasionalnews.id/nabire.

NASIONALNEWS.ID, NABIRE – Dalam rangka menjaga Kamtibmas dan dinamika di Pegunugan Tengah Papua, Polres Nabire menggelar Talk Show Binmas Noken Polri, di Ruang Rapat Birokrasi Polri Polres Nabire, Selasa (6/8/2019) malam.

Kasatgas Binmas Noken Polres Nabire, Kombes Eko Sudanto mengatakan, bahwa kegiatan Binamas Noken tersebut telah berjalan selama dua tahun.

“Sebenarnya tugas ini sangat sederhana, karena membang tugas kepolisian. Di badan saya juga menyandang titel akademi, kegiatan ini juga tidak semata-mata bersifat impirit dan harus berani mempertaruhkan secara akademi. Kegiatan kami ini di bawah operasi Nemangkawai juga,” terang Eko.

Eko menambahkan, operasi itu bertujuan untuk menjaga situasi Kamtibmas di wilayah Papua tetap kondusif, serta mendukung pembangunan.

“Di dalam operasi tersebut terdapat beberapa pendekatan, seperti pendekatan secara kemanusiaan. Di dalam kemanusian ada komuniti policing sebagi model Kepolisian dunia, mau belajar kepolisian humanis dan penegakan hukum, karena kepolisian adalah ranah hukum,” jelasnya.

Lebih dalam ia mengatakan, Binmas Noken terbentuk sejak April 2018, di dalamnya ada tiga program untuk wilayah Pegunungan Tengah.

“Ada peternakan, pertanian daj pendidikan (Polisi Pi Ajar, red),” tegasnya.

Sementara Akademisi, Hermawan Sulistyo dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Binmas Noken tersebut sebagai jalan untuk pendekatan kepada masyarakat Papua dengan cara memberikan peternakan, seperti membagi-bagikan Wam (babi, red) kepada warga masyarakat Papua di pegunungan Tengah.

“Kisah-kisah ini tidak selamanya sukses. Sebab, kesuksesan itu pasti akan ada kegagalan,” ujar Hermawan.

Dirinya juga berharap dengan adanya Binmas Noken tersebut dapat membantu mensejahterakan masyarakat, khususnya di Pegunungan Tengah, Papua.

“Semoga dapat mensejahterakan masyarakat Pegunungan Tengah, Papua,” tandas Hermawan. (yt/04)