Bupati Nabire: APBD-Perubahan 2019 Fokus Program Prioritas

oleh -185 views

NASIONALNEWS.ID, NABIRE – Bupati Nabire, Isaias Douw mengatakan bahwa di dalam APBD-Perubahan tahun 2019 yang menjadi program prioritas Pemerintah Daerah yakni Rumah Sakit dan Dinas Kesehatan, hal ini merupakan rekomendasi dari DPRD Kabupaten Nabire yang akan ditindak lanjuti oleh pihak eksekutif.

“Salah satu hal penting yang menjadi penekanan dalam sidang ini adalah pelayanan dasar masyarakat di bidang kesehatan, khususnya penyediaan obat – obatan di RSUD Nabire,” kata Isaias Douw pada penutupan rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nabire dalam rangka pembahasan APBD-Perumbahan Tahun 2019, bertempat di Ruang Sidang Utama DPRD Nabire, Selasa (22/10/2019).

Selain itu, Pemerintah akan meningkatkan beberapa program yang menjadi catatan dalam sidang paripurna seperti pembenaan pasar sebagai pusat ekonomi, pembinaan iman dan taqwa khususnya pembangunan rumah ibadah dan fasilitas keagamaan lainnya.

“Program tersebut sudah menjadi perhatian selama kepemimpinan kami hingga saat ini. Perlu diketahui jumlah rumah ibadah di Kabupaten Nabire sangat banyak sehingga kami akan memperhatikan sesuai dengam kemampuan anggaran bantuan sosial yang tersedia,” ujarnya.

Kemudian, pembangunan di bidang infrastruktur jalan dan jembatan di kabupaten Nabire, Isaias Douw menyampaikan bahwa ada fasilitas yang menjadi kewenangan Provinsi dan Pusat sebagaimana telah disampaikan dalam tanggapan Eksekutif.

“Infrastruktur jalan dan jembatan yang menjadi kewenangan daerah tetap dan terus akan menjadi perhatian pemerintah daerah. Kami akan terus berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi Papua dan Pusat,” ungkap Isaias.

Isaias menambahkan terkait dengan pengelolaan sampah, pemerintah daerah terus berupaya menangani dengan berbagai cara. Untuk itu, dirinya meminta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat agar membuang sampah pada TPA yang sudah di sediakan.

“Saya minta agar semua pihak ikut mengurangi sampah dengan membawa noken atau tas saat belanja di pasar untuk mengurangi sampah plastik,” bebernya.

Lebih lanjut, terkait dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Isaias minta agar kita semua terus meningkatkan penggalian sumber pendapatan asli daerah dari berbagai sektor

“Kita berharap bahwa pada tahun 2019 maupun di tahun akan datang realisasi PAD akan terus kami upayakan agar mengalami peningkatan,” harap Isaias Douw

Segala hal yang dibahas pada sidang paripurna ini, tentunya menjadi acuan yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, serta peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. (Yeri Tarima)