Kelurahan Semanan Gelar Lomba Nasi Tumpeng

oleh -263 views

NASIONALNEWS.ID, JAKARTA – Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-74 Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat menggelar beberapa perlombaan di antaranya lomba nasi tumpeng, Minggu (18/8/2019)

Hal tersebut terlihat antusias warga Semanan yang mengikuti beberapa perlombaan untuk kategori anak-anak dan juga perlombaan nasi tumpeng, dimana pesertanya adalah kader ibu-ibu PKK di wilayah RW masing-masing.

Lurah Semanan Lurah Bayu Gantha menyampaikan, ini adalah suatu rangkaian kegiatan HUT RI di Kelurahan Semanan. Ada 3 perlombaan, kegiatan yang difasilitasi semua lapisan mulai dari bapak-bapak yang mengikuti turnamen bola. Hari ini ada lomba nasi tumpeng ibu-ibu PKK dan lomba tradisonal untuk anak-anak.

“Peserta lomba nasi tumpeng itu terdiri dari RW 01 s/d RW 012, untuk kegiatan terlihat ibu-ibu juga sangat antusias dan dalam penilaian ada beberapa kreteria. Pertama dari sisi penampilan, kemudian dari kadar gizinya dan kekompakan dalam menghias,” ucapnya.

Menurut Bayu, informasi yang didapat bahwa di Kelurahan Semanan baru pertama kali menggelar lomba nasi tumpeng, mudah-mudahan ini bisa berlanjut ditahun berikutnya.

Mengenai kegiatan lomba HUT RI ke-74 yang diadakan kelurahan Semanan. Ini inisiatif dari jajarannya dan juga masukan-masukan dari semua lapisan masyarakat mulai dari Qatar, RW dan LMK.

“Mudah-mudahan tahun depan kegiatan lebih semakin bervariasi lagi, gak cuma 3 kegiatan saja, namun bisa berkembang lebih banyak lagi,” harap Bayu.

Sementara Tim penilai dari Kecamatan Kalideres Hj.Maryam mengatakan, untuk penilaian sendiri, dilihat dari kreatifitas kebersihan dan nilai gizinya karena nilai gizi itu sangat penting.

“Kita sedang menggalakkan makanan serat artinya seperti buah dan sayur yang tidak banyak karbohdirat. Masih banyak yang belum mengerti dan belum mengetahui saat menyajikan nasi tumpeng, banyak yang double karbohidrat. Contohnya kalau sudah ada nasi tidak boleh ada kentang dan mie. Kita melihat semua penilaian ini cukup obyektif,” ujarnya.

Dirinya merasa bersukur Kelurahan Semanan mengadakan perlombaan nasi tumpeng agar pengetahuan ibu- ibu tentang penyajian gizi pada tumpeng itu sendiri mereka bisa mendapatkan pelajaran.

“Kegiatan Ini juga berkaitan dengan HUT RI yang ke-74 untuk lebih memeriahkan suasana, kemerdekaan itu bukan sekedar pawai namun menunjang kreatifitas ibu- ibu PKK di Kelurahan Semanan itu juga suatu kemerdekaan,” terangnya.

Ia juga menambahkan, untuk peserta sendiri ada 12 tim setiap RW. Sedangkan satunya tim dari penggerak PKK Kelurahan Semanan.

“Berdasarakan penilaiannya untuk juara satu diraih dari tim RW 11 karena ada kandungan gizi dan kandungan seratnya yang dimana mereka memenuhi kateria itu semua. Juara dua dari tim PKK Kelurahan Semanan dan juara tiga diraih dari RW 04,” jelasnya.

Ia juga berharap di tahun mendatang bukan hanya lomba nasi tumpeng saja melainkan diadakan lomba penghijauan dan mural.

Selain itu, ia mengajak kepada semua lapisan masyarakat Semanan bisa bekerja sama dengan baik kepada ketua RT, RW, Lurah dan Camat, untuk meningkatkan kreatifitas kinerja seperti yang diharapkan bapak Gubernur DKI, Bahagia Kotanya Bahagia Warganya.

“Kita mengimbau kepada tim penggerak PKK tingkat kelurahan, RW, RT untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan karena untuk saat ini cuaca atau iklim yang sangat buruk. Jadi semua mari gerakan Dasa Wisma di wilayah masing-masing untuk penghijauan dan kesehatan lingkungan serta dalam pemilihan sampah,” pungkasnya.

(BUDI B)