Tim Monev Kecamatan Wanareja Turun ke Desa Palugon

oleh -
Img 20200305 104826

NASIONALNEWS.ID.CILACAP – Pemerintah Kecamatan Wanareja melalui Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) pengelolaan keuangan Desa, melaksanakan monev di Desa Palugon, Kamis (5/3/2020). Kegiatan Monev di Desa Palugon tersebut dipimpin langsung Sekcam Wanareja, Karsan didampingi Udi Wahyudi Kasi Tapem, Dedi Rohaedi, Sumardi, Mughozin, Sudarso, Rajimin, dan Wantoro Satpol PP Kecamatan Wanareja.

Tim monev diterima langsung Kepala Desa Palugon, Tasja Al Suryana dan seluruh perangkat Desa Palugon, BPD, LPMD. Sebelum kegiatan monev dimulai, Kepala Desa memberikan ucapan selamat datang kepada Tim monev kecamatan, “selamat datan dan selamat bertugas untuk tim monev di desa kami,” kata Kades.

Dalam sambutanya Kades Palugon, Tasja Al Suryana menyampaikan beberapa hal, diantaranya adalah potensi unggulan yang ada di Desa Palugon. ” Di Desa kami banyak potensi yang bisa digali untuk kemajuan Desa, diantaranya sektor pertanian, mulai dari palawija dan buah-buahan,” beber Kades.

 20200305 193940

Disamping itu juga, Gula Aren pun menjadi andalan Desa Palugon, untuk buah di desa kami ada perkebunan Manggis, Kopi dan yang lainya, pungkas Kades.

Sementara Sekcam Wanareja, Karsan yang memimpin pelaksanaan monev tersebut mengatakan, monitoring dan evaluasi mengenai keuangan Desa memang merupakan kewajiban Camat sesuai dengan peraturan Bupati Cilacap.

“Tujuan diselenggarakanya monitoring dan evaliasi pengelollaan keuangan desa yakni untuk lebih meningkatkan serta menguatkan kembali asas pengelolaan Keuangan Desa yang lebih efektif, efisien, partisipatif dab akuntabel,’ kata Karsan.

Sekcam menekankan, agar Desa Palugon betul-betul mengelola Dana Desa dengan baik, agar tepat sasaran dan bisa memberdayakan masyarakat guna menurunkan angka kemiskinan masyarakat sendiri. “Sesuai regulasi yang ada Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan Desa,” tutup Sekcam.

 20200305 193917

Ditempat yang sama Udi Wahyudi Kasitapem menegaskan, bahwa pengelolaan keuangam Desa harus sesuai rencana yang bagus mulai dari RPJM, BA Musdes, RKP Desa dan APBDes.

“Selain itu tidak lepas dari persetase realisasi, pelaporan dan pertanggungjawaban,” kata Udi.

Kegiatan monev tersebut juga dilaksanaan paparan mengenai kegiatan penggunaan Dana Desa tahun 2019 oleh Karsono dihadapan tim monev Kecamatan Wanareja, yang dilannjutkan dengan pemeriksaan berkas-berkas dimasing-masing bagian oleh tim monev.

Kegiatan fisik proyek Dana Desa juga tidak lepas dari perhatian tim monev, Rajimin didampingi beberapa perangkat Desa melalukan pengecekan secara fisik diseluruh titik kegiatan. (Junaedi)

No More Posts Available.

No more pages to load.