150 Kios di Pasar Mabilabol Pegunungan Bintang Ludes Terbakar

oleh -

NASIONALNEWS.ID, PEGUNUNGAN BINTANG – 150 kios ludes terbakar di Pasar Mabilabol, Jalan Balusu Distrik Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Kamis (26/9/2019) pukul 16.30 WIT.

“Peristiwa tersebut berawal dari sekelompok pemuda yang berjumlah tujuh orang yang sedang berpesta minuman keras (miras) di Pasar mabilabol, kemudian melakukan perusakan yang berunjung pada pembakaran sejumlah kios,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Mustofa Kamal, SH melalui siaran Persnya

Kabit Humas Polda Papua menerangkan, Pada pukul 15.15 Wit, telah diperoleh informasi dari anggota Polres Pegunungan Bintang Brigpol Maraiman Ansek tentang adanya pengrusakan barang dagangan yang dilakukan oleh sekelompok pemuda tersebut.

Selanjutnya pada pukul 15.20 Wit, Patroli gabungan TNI-Polri yang dipimpin oleh Ipda Budi Wahyono mendatangi TKP pengrusakan Pasar Mabilabol dan mengamankan salah satu pemuda an. Yusmen Ke Polres Pegunungan Bintang, akan tetapi para pemuda lainnya tidak terima selanjutnya mengejar mobil patroli sembari berkata.

“kembalikan teman kami, kami akan kacau,” tutur Ahmad Mustofa Kamal.

Masih dikatakanya, kemudian pukul 15.25 Wit, satu orang pemuda lainnya, Bondo dalam keadaan mabuk meminta agar Yusmen dipulangkan serta menginformasikan bahwa para pemuda lainnya telah melakukan pengerusakan Pasar Mabilabol.

Menanggapi permintaan Bondo, pada pukul 15.45 Wit, Kabag Ren AKP M. Amir menyetujui permintaan Bondo untuk memulangkan Yusmen selanjutnya memberikan arahan agar tidak melakukan pengerusakan lagi, kemudian Yusmen diantar pulang oleh anggota Satpol PP Januarius Dilam.

Lalu pada pukul 16.30 Wit, telah terjadi pengerusakan dan pembakaran kios yang merembet ke tempat usaha lainnya yang berada di sepanjang Jl. Balusu yang dilakukan oleh sekelompok pemuda.

Menyingkapi peristiwa tersebut pada pukul 16.31 Wit, bertempat di Lapangan Apel Mapolres Pegunungan Bintang telah dilakukan APP yang dipimpin langsung oleh Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Michael Mumbunan, S.IK. guna mendatangi TKP selanjutnya melakukan pengamanan dan membantu mengevakuasi orang, barang ke Mapolres Pegunungan Bintang, Kantor Koramil Oksibil dan tempat ibadah lainnya, api dapat dipadamkan pada pukul 20.20 Wit.

Ahmad Musthofa Kamal, mengatakan kasus pembakaran tersebut sudah ditangani oleh Polres Pegunungan Bintang. Untuk semua pihak agar mempercayakan penanganan kasus dimaksud,” jelasnya.

Dirinya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi di Kabupaten Pegunungan Bintang agar tetap aman dan kondusif,” tutup Ahmad Musthofa Kamal.

Adapun Kerugian akibat kejadian tersebut sebanyak 150 kios hangus terbakar.

Atas insiden tersebut kepolisian Resort Pegunungan Bintang mengambil langka – langka yaitu menerimah laporan warga, selanjunya mendatangi TKP, melakukan upaya memadamkan api, serta menyelamatkan korban, serta mengevakuasi barang milik korban, mengamankan TKP, selanjutnya melakukan penyelidikan dan penyidikan atas kasus tersebut.

YERI TARIMA

No More Posts Available.

No more pages to load.