Dinsos Nabire Siap Salurkan Bansos Sembako dan BST

oleh -
Camera720 20200507 113724

NASIONALNEWS.ID, NABIRE – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Nabire dalam waktu dekat ini siap mendistribusikan Bantuan Sosial (Bansos) Sembako Pemerintah Daerah dan Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial (Kemensos) selama 3 bulan terhitung bulan Mei, Juni, dan Juli yang dikelola langsung oleh Dinsos Nabire.

“Dalam waktu dekat ini Dinsos siap mendistribusikan BST sebanyak 1925 KK penerima, data yang masuk di Dinsos per Rabu 6 Mei kurang lebih 1880 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dana yang sudah terealisasi melalui Kantor Pos sebanyak 1372 KK di kali 600 ribu, mereka akan terima selama 3 bulan terhitung bulan Mei, Juni dan Juli 2020, dana itu bersumber dari BST Kemensos,” kata Kadis Sosial Kabupaten Nabire saat ditemui wartawan Nasional News di ruang kerjanya, Rabu (6/5/2020) siang.

Sementara itu, Bansos berupa sembako bagi 9 Kelurahan Pemerintah Daerah menyiapkan 9 Milyar dari biaya tak terduga untuk 15 ribu paket sembako.

“Ini bukan bantuan langsung tunai karna tidak bisa terima dalam bentuk uang, tetapi dalam bentuk sembako yang diserahkan ke masyarakat,” pungkasnya.

Dikatakan Ishak, bahwa pihaknya sudah menghitung alokasi perkelurahan baik penerima DTKS dan Non DTKS, namun ada syarat yang harus dilengkapi bagi penerima seperti KK dan KTP berdomisili Nabire.

“Prioritas utama kita bantu adalah keluarga yang ada dalam DTKS yang belum dapat bantuan dari Kemensos. Prioritas kedua keluarga penerima manfaat (KPM) Non DTKS seperti penduduk yang memiliki KK atau KTP, terdampak langsung misalnya ODP, PDP, sedangkan orang yang memiliki KTP luar tapi kerja di Nabire itu tergantung kebijakan Lurah, semua kembali pada Lurah untuk memilih siapa yang layak menerimanya,” tuturnya.

Perlu diketahui, bahwa Dinas Sosial mendistribusikan bantuan hanya sampai di tingkat Kelurahan, selanjutnya pihak Kelurahan yang mendistribusikan bantuan tersebut ke setiap RT/RW.

“Nanti mereka yang salurkan ke masyarakat, mekanismenya seperti apa kami serahkan kepada Lurah yang penting bantuan ini dapat disalurkan kepada warga yang betul-betul membutuhkan,” terangnya.

Selain Bansos BST dan Sembako, Pemerintah memiliki beras cadangan 100 ton di Bulog yang dikelola oleh Dinsos setiap tahun. Bantuan tersebut akan didistribusikan kepada seluruh Kampung dan Kelurahan.

“bantuan yang disalurkan berupa beras dalam minggu ini serentak dibagikan, dimana setiap kampung dan Kelurahan akan mendapat 1 ton beras. Adapun stok beras tersebut bersumber dari stok tahunan Dinas Sosial kabupaten Nabire sebesar 100 ton,” tutupnya. (YERI TARIMA).