FSKPS Gelar Halal Bihalal, Dihadiri Ratusan Warga

oleh -
img20220514212928

NASIONALNEWS.ID, JAKARTA – Untuk mempererat tali persaudaraan, Forum Silaturahmi Kampung Pondok Semanan (FSKPS) mengadakan acara Halal Bihalal di Lapangan Futsal, RT 06/07 Kelurahan Semanan Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu (14/5/2022).

Dalam kegiatan tersebut, ratusan warga menghadiri acara Halal Bihalal yang diselenggarakan FSKPS.

Ketua panitia Halal Bihalal Adi Munif (Lepay) mengatakan, kegiatan tersebut adalah acara tahunan anak kampung asli yang tinggal di RW 07 yang dulunya disebut Kampung Pondok di Tahun 1950 an.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi generasi tahun 1950 an dengan generasi 1970 an juga 2000 an,” kata Adi Munif.

Adi Munif juga menjelaskan, kampung Pondok dibentuk kembali di tahun 2000 an dan untuk kegiatan Halal Bihalal, namun karena pandemi jadi acara tersebut harus diundur.

“Sebetulnya sudah lama direncanakan, acara halal bihalal ini, karena ada Covid-19 maka kami tidak bisa melaksanakan, namun Alhamdulillah sekarang bisa melaksanakan dan antusias warga sangat luar biasa,” kata Adi Munif.

img 20220514 wa0075

Terbentuknya Kampung Pondok, Adi Munif juga menjelaskan, tujuannya agar warga asli bisa mengetahui generasi-generasi muda atau garis keturunannya.

“Di RW 07, warganya hampir semua masih ada ikatan famili, jadi kalau acara seperti ini terus dilaksanakan, maka orang tua bisa mengenal garis keturunannya,” ujarnya.

Bukan hanya acara Halal Bihalal, Adi Munif juga berencana menggelar acara festival Mookervart atau festival budaya Betawi.

“Kalau diizinkan kita akan menyelenggarakan festival Mookervart atau festival budaya Betawi untuk mengedukasi generasi muda yang ada di wilayah Kelurahan Semanan,” ungkapnya.

Adapun pengajian dan kegiatan sosial yang saat ini sudah dilaksanakan FSKPS adalah pengajian dan kepedulian terhadap lingkungan.

“Kami tidak ingin generasi kita terjerumus ke pergaulan bebas dan narkoba, maka kita adakan pengajian bulanan agar mereka bisa berguna di masyarakat,” tuturnya.

img 20220514 wa0073

Sementara Lurah Semanan Bayu Fadayen Gantha yang diwakili Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan, Dahri sangat mengapresiasi atas kegiatan silaturrahmi yang diadakan FSKPS.

“Intinya saling menjaga silaturahmi, khususnya bagi warga Kampung Pondok Semanan dan khususnya bagi warga kelurahan Semanan. Diharapkan untuk Forum Kampung Pondok Semanan menjadi role model yang baik untuk kegiatan-kegiatan lain yang ada di wilayah,” ungkapnya.

Di acara Halal Bihalal tersebut warga dihibur kesenian pencak silat asli Betawi yaitu Main Pukul Betawi dan Hadro juga warga juga bisa menikmati makanan tradisional kacang rebus, ubi rebus, singkong rebus dan juga minuman khas Betawi Bir Pletok. Diakhir acara dilakukan potong tumpeng sebagai bentuk mempererat tali silaturahmi persaudaraan.

(Budi Beler)

No More Posts Available.

No more pages to load.