Cegah Covid 19, Perantau Lamongan Peduli Bagikan Masker Gratis

oleh -
Img 20200418 094852

NASIONALNWES.ID, JAKARTA – Mencegah penyebaran Covid-19, Perantauan Lamongan Peduli (PLP) mengadakan gerakan aksi sosial. PLP membagikan masker gratis kepada masyarakat dan para pedagang kaki lima di Kelurahan Cipulir, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (15/04-2020).

Penyebaran wabah pandemi (Covid-19) yang terus meluas memberikan dampak luar biasa bagi masyarakat, bukan hanya dari aspek kesehatan, namun juga berimbas terhadap aspek sosial dan ekonomi masyarakat terutama sektor makanan warung siap saji Pedagang Kakilima.

Ketua Arela Jaya Mat Lai mengatakan, pembagian masker merupakan inisiatif dari sesama perantauan senasib dan sepenanggungan dalam membantu Pemerintah DKI Jakarta untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

“Ini bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat perantauan di Jakarta, apa lagi keberadaan masker saat ini sangat langkah dan sulit didapatkan,” kata Mat Lai perantauan asal Karanggeneng .

Mat Lay juga menjelaskan, pembagian masker ini sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat dalam melakukan perjalanan untuk selalu menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) khususnya masker, agar dapat mencegah penularan virus Covid-19.

“Karena kami melihat masih banyak warga perantauan asal Lamongan di Jabodetabek yang kurang kesadaran betapa pentingnya memakai masker bila keluar rumah,” ujarnya.

Img 20200418 094906

Hal senada diungkapkan oleh Bambang Suryo Dhamo pensiunan TNI AD yang juga tokoh perantauan di Jakarta menambahkan, Ini kegiatan sosial pembagian masker, berkat peran serta para perantauan dan kepedulian Sekda Kabupaten Lamongan Yuhronur Efendi bersama donatur.

“Terimakasih para donatur antara lain, Viva Yoga Mauladi Hamzah Fansyuri DPRD Lamongan, H Wirto, Mat lai (ketua Arela), Bambang Suryo Darmo, dll,” jelasnya.

Terkait kegiatan tersebut mendapat respon dari Tokoh Agama asal Lamongan di Cipulir, H Mahsuli menghimbau, mohon diikuti himbauan dari pemerintah terkait himbauan dari Menteri Agama.

‘Kami selalu menghimbau para perantauan agar mematuhi PSBB dan mematuhi anjuran pemerintah terkait penggunaan masker disaat beraktivitas,” ungkapnya.

(Budi Beler)